Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

WASPADAI MASALAH KULIT DI MUSIM KEMARAU!

Musim kemarau yang tak kunjung usai menyebabkan banyak sekali masalah sehingga kita harus mewaspadai masalah kulit di musim kemarau. Mulai dari kerusakan alam seperti kebakaran hutan yang melanda beberapa wilayah di Indonesia, kekeringan dan beragai penyakit pun mengancam. Salah satunya adalah penyakkit kulit. Penyakit kulit tidak boleh di sepelekan karena bukan tidak mungkin penyakit itu akan semakin parah karena di biarkan. Sengatan sinar matahari (sinar ultraviolet) dan debu serta polusi ada di mana – mana sangat perlu di waspadai.

masalah kulit di musim kemarau

Banyak sekali masah kulit yang terjadi di musim kemarau pada kebanyakan orang, misalnya dehidrasi kulit dan jerawat di wajah. Dehidrasi yang dialami kulit di tandai dengan kulit yang kering, kasar bahkan sampai terkelupas. Selain itu, polusi udara dan debu yang bertebaran dimana – mana dapat menyebabkan timbulnya jerawat karena pori – pori yang tersumbat kotoran. Dan bahayanya lagi, terlalu sering dan lama terkena sinar ultraviolet juga dapat menyebabkan kanker kulit atau yang biasa di sebut denga eksim. Dan kebanyakan orang dengan warna kulit terang atau cerah lebih besar kemungkinan mengalami kanker kulit di banding orang berkulit gelap. Nah, oleh karena itu merawat kulit secara khusus pada saat musim kemarau seperti ini sangat perlu untuk dilakukan agar kita terhindar dari berbagaia masalah kulit di musim kemarau tersebut.

Menggunakan tabir surya adalah salah satu cara yang paling pas untuk mewaspadai musim kemarau seperti saat ini. Dengan menggunakan tabir surya setidaknya 15 menit hingga 30 menit sebelum melakukan aktivitas di luar ruangan, kulit akan terlindungi dari bahaya sinar matahari yang dapat memicu produksi pigmen penentu warna kulit atau melanin yang dapat membuat kulit menjadi gelap, kering, dan kusam.

Cara lain untuk mengatasi aneka masalah kulit di musim kemarau adalah dengan mengoleskan pelembab kulit yang banyak mengandung vitamin E dan antioksidan agar kulit tetap lembab. Selain itu, gunakan juga lip balm pada bibir untuk menghindari bibir pecah – pecah. Yang perlu di ingat, jangan membasahi bibir dengan menjilatinya karena justru akan membuat bibir semakin kering.

Selain mengatasi dari luar, mengatasi masalah kulit akibat musim kemarau panjang adalah dengan banyak mengonsumsi buah – buahan serta sayuran yang bergizi dan mengandung banyak mineral serta vitamin yang baik untuk kesehatan kulit seperti vitamin E. Buah semanngka, jeruk, dan bengkoang adalah beberapa contoh buah – buahan yang cocok di konsumsi di musim kemarau. Selain buah dan sayur, sangat penting juga untuk memperbanyak mengonsumsi air putih karena mengandung mineral yang tinggi dan agar terhindar dari dehidrasi.

makanan di musim kemarau

Selain itu, pada saat musim kemarau seperti saat ini lebih baik kamu menggunakan pakaian yang tidak terlalu terbuka saat akan melakukan aktivitas di luar ruangan. Agar tidak gerah, kamu bisa memilih pakaian berbahan katun yang dapat menyerap keringat. Pakaian berwarna putih juga terbukti dapat membuat badan lebih sejuk di banding pakaian berwarna gelap. Karena pakaian warna putih dapat memantulkan cahaya.

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas