Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

TIPS MERAWAT BAJU dan PAKAIAN AGAR TETAP AWET

Merawat pakaian adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Adalah rugi besar ketika Anda hanya melulu membeli baju namun tidak merawatnya den dikenakan lagi. Baju anda akan mudah rusak dan tidak pantas dikenakan. Nah, oleh sebab itu disini saya akan memberikan beberapa tips yang sangat mudah untuk merawat pakaian-pakaian anda agar tetap terlihat bagus.

cuci baju

  • MENCUCI
  1. Pada saat anda mencuci pakaian yang masih baru anda beli, pisahkan pakaian itu dengan pkaian-pakaian anda yang lain. Ini bertujuan untuk berjaga-jaga mungkin saja baju baru anda mengalami kelunturan.
  2. Untuk baju dengan hiasan sablon, saya sarankan jangan direndam terlalu lama karena akan merusak sablonan.
  3. Pilahlah pakaian berdasarkan tingkat kekotorannya. Misalnya baju yang hanya dipakai sebentar, yang digunakan untuk bekerja, baju seragam, dan lain-lain. Ini berfungsi agar baju dengan tingkat kekotoran tinggi tidak lebih mengotori baju-baju yang lainnya.
  4. Nah untuk baju dengan tingkat kekotoran yang tinggi, sebaiknya anda cuci secara manual saja. Karena jika mencuci dengan mesin cuci di khawatirkan kurang bersih.
  5. Hati-hati pada saat menyikat pakaian, memeras pakaian, mengucek pakaian, dll jangan terlalu keras agar baju-baju tidak cepat rusak dan melar. Apalagi untuk pakaian berbahan kaos.
  6. Biasanya pada laber pakaian yang terdapat di leher atau bagian pinggang terdapat pesan-pesan dari pabrik mengenai perlakuan yang seharusnya dilakukan pada saat mencuci pakaian tersebut. Ada aturan tentang suhu air, zat kimia untuk mencuci, cara menyetrika, dsb. Pelajari bahan-bahan pakaian dan cara pencuciannya agar tidak salah metode / teknik mencuci.
  7. Nah untuk hasil mencuci yang lebih maksimal, anda bisa menambahkan pelembut dan pewangi setelah bilasan terkhir.

jemuran

  • MENJEMUR
  1. Sebisa mungkin hindari mengeringkan pakaian dengan alat pengering. Panas yang dihasilkan pengering pakaian dapat merusak pakaian jika Anda menggunakannya pada pakaian yang masih basah. Jadi, bila tidak dalam keadaan yang mendesak, keringkan pakaian anda di bawah sinar matahari.
  2. Untuk pakaian dengan bahan yang mudah molor seperti kaos, sebaiknya jemur dengan hanger.
  3. Yang paling penting, baliklah pakaian sebelum dijemur agar warna pakaian tidak memudar dan kusam.
  4. Tempatkan jemuran pkaian di tempat yang bersih agar jika baju anda terjatuh, tetap dalam keadaan yang bersih.
  5. Pilihlah tempat untuk jemuran anda yang memiliki panas matahari yang pas.
  6. Untuk menghindari agar pakaian tidak terbang saat tertiup angin, anda bisa menggunakan penjepit pakaian.

setrika

  • MENYETRIKA
  1. Setrikalah baju anda sesuai aturan yang tertera pada label pesan perlakuan pakaian yang biasanya ada di bagian leher atau pinggang. Pelajari suhu-suhu yang perlu diset untuk setiap jenis bahan agar tidak salah setrika.
  2. Gunakan pelicin untuk hasil yang maksimal.
  3. Sebaiknya jangan terlalu sering menyetrika pakaian dengan bahan kaos agar pakaian tidak memudar dan molor.

simpan baju

  • MENYIMPAN
  1. Simpanlah pakaian di dalam tempat yang bersih dan tertutup.
  2. Gunakan pengharum pakaian atau kamper agar pakaian anda harum dan terhindar dari kutu maupun serangga lainnya.
  3. Pilah-pilah pakaian yang mana yang harus di hanger dan mana yang tidak seharusnya di hanger. Anda bisa menghanger pakaian yang jenis hem, dan untuk pakaian dengan bahan-bahan kaos sebaiknya jangan di hanger agar tidak molor.

Nah, itulah beberapa tips merawat pakaian yang bisa anda terapkan. Selain tips diatas, yang tak kalah penting adalah menggunakan pakaian anda dengan baik. Jika pakaian anda mengalami kerusakan, segeralah untuk memperbaikinya agar tidak semakin parah.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas