Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

Tips Memilih Sayur Sehat Untuk Keluarga

Nutrisi sangatlah penting bagi kita, nutrisi bisa di dapat dari sayur – sayuran serta buah – buahan. Namun, kini sayur dan buah yang sehat dan baik untuk kesehatan sangatlah sulit di cari mekipun banyak sayur dan buah yang dijual baik di pusat perbelanjaan hingga pasar tradisional.
sayur dan buah
Tak sedikit ditemukan sayur dan buah yang mengandung obat – obatan tinggi misalnya pestisida. Belum lagi kandungan obat – obat kimia lainnya. Niat hati ingin memberikan nutrisi yang baik untuk keluarga tercinta justru berubah menjadi bahaya akibat salah memilih sayur dan buah. Oleh karena itu Anda perlu mengerti bagaimana sih sebenarnya memilih sayuran dan buah yang baik dan sehat itu. Jadi, simak ulasan berikut ini baik – baik ya bunda…
•    Cara memilih sayur daun – daunan yang sehat untuk keluarga
Sayuran yang berupa daun – daunan memang banyak memiliki gizi yang tinggi dan banyak diminati, contoh sayur daun – daunan misalnya sawi, kangkung, bayam, kol
sayur daun
1.    Pilih sayuran hijau yang warnanya tidak menguning, atau kecoklatan sedangkan sayur berwarna putih misalnya pilih yang masih putih segar. Hindari memilih daun sayuran yang sudah layu atau lembek. Cara mengetesnya selain di lihat adalah memotong sedikit batangnya, jika mudah dan kaku berarti menandakan sayur masih segar.
2.    Daun masih terlihat sehat, ruas-ruas daun masih jelas terlihat. Nah, yang harus diperhatikan saat milih sayur daun adalah jangan mengabaikan daun yang berlubang (seperti bekas dimakan ulat). Karena daun yang berlubang tersebut menandakan bahwa sayuran tersebut tidak mengandung pestisida. Pengecualian, asalkan kondisi daun tidak terlalu rusak ya bun, agar nutisi yang di inginkan tidak berkurang.
•    Cara memilih sayur buah dan umbi – umbian yang sehat untuk keluarga
Sayuran buah disini maksudnya adalah ketela, berupa tomat, mentimun, wortel, dll.
sayur umbi umbian
1.    Pilih sayur buah yang baunya masih segar seperti baru di petik.
2.    Hindari memilih sayur buah yang kulitnya tergores, berlubang ataupun pecah.

3.    Jangan memilih sayur buah yang terlalu lunak karena, terlalu matang atau di khawatirkan sudah membusuk.
4.    Tetapi juga jangan memilih sayur buah yang terlalu muda, kecuali memang membutuhkannya misalnya tomat muda untuk di masak dengan tongkol memang akan lebih sedap menambahkan tomat muda.
•    Cara memilih kacang – kacangan yang sehat untuk keluarga
Kacang – kacangan juga memiliki nutrisi yang baik untuk kesehatan misalnya kacang kedelai yang mengandung protein yang tinggi, selain itu jenis kacang – kacangan lain juga meyehatkan seperti kacang hijau, kacang kapri, kacang tanah, kacang merah, dll.
sayurr jenis kacang - kacangan
1.    Pilih kacang – kacanngan yang bentuknya utuh, tidak bolong dan sesuai dengan bentuk wajarnya.
2.    Jangan memilih kacang – kacangan yang terlihat sudah terlalu lama disimpan. Tanda – tandanya biasanya mulai keropos dan ada lubang – lubang kecil, berkutu, atau juga berlendir.
3.    Pilihlah kacang – kacangan yang memiliki warna wajar. Maksudnya warna yang sesuai dengan jenis kacangnya, misalnya kacang hijau pilihlah yang warnanya hijau tua sempurna tanpa bercak apapun.
Itulah beberapa cara memilih ssayuran yang baik untuk keluarga. Semoga bermanfaat bunda.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas