Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

TIPS MEMILIH KOSMETIK AMAN BAGI KESEHATAN

Sebagai seorang wanita, tentunya kita ingin selalu tampil cantik dan menawan. Dan untuk mendapatkan itu semua, kita memerlukan kosmetik untuk lebih mempercantik dan membuat diri kita lebih menawan. Namun, terkadang kekhawatiran menyelimuti hati kita karena saat ini banyak sekali kosmetik yang tersedia di pasaran dan semua menjanjikan kecantikan, namun tidak semua janji itu bisa ditepati. Maka dari itu kita sebagai perempuan harus ekstra hati-hati dalam memilih. Jangan samapai kita tergiur iklan yang hanya sekedar jnaji. Karena kini banyak sekali kosmetik yang mengandung bahan kimia yang sangat berbahaya seperti pewarna dan pemutih. Bukan semakincantik malah penyakit yang akan kamu dapatkan. Jadi, kamu harus memperhatikan beberapa tanda kosmetik yang aman untuk dipakai.

logo halal

Logo Halal

Dalam membeli kosmetik, pastikan dalam kemasanya memiliki logo halal dari MUI (
Majelis Ulama Indonesia). Bila sudah begitu, bisa dipastikan bahwa kosmetik itu terhindar dari bahan-bahan yang membahayakan.

logo bpom

Terdapat logo BPOM yang sah.

Dengan Produk yang telah memiliki logo BPOM “Badan Pengawasan Obat dan makanan” tentunya produk kosmetik tersebut telah melalui serangkaian pengujian, test dan penelitian terhadap keamanan dan keselamatan penggunanya.

Tanggal kadaluwarsa

Kosmetik yang baik tentunya memiliki tanggal kadaluwarsa yang tercantum dalam kemasannya. Jangan sampai kamu membeli produk yang kelewat tanggal kadaluwarsanya karena kosmeti yang seperti itu dapat menyebabkan kulit mengalami iritasi, seperti kemerahan, terasa panas, maupun gatal-gatal. Apalagi jika itu adalah lipstik, bibir bisa melepuh dan terasa sangat gatal.

Nah, untuk mengetahui seberapa lama umur kosmetik kamu bisa bertahan, beriut saya tunjukkan umur beberapa kosmetik :

  • Maskara : 3 sampai 6 bulan.
  • Eye Liner : Gel – 3 bulan, pensil – 2 tahun.
  • Eye shadow : krim – 6 bulan,  powder – 2 tahun.
  • Foundation : 6 sampai 12 bulan.
  • Bedak : 6 bulan sampai 2 tahun.
  • Lipstik : 2 tahun.
  1. Dalam kemasan terdapat cara pemakaian.
  2. Terdapat nama dan alamat produksi.
  3. Komposisis bahan.

Perhatikan komposisi bahan kosmetik yang kamu beli. Bahan-bahan yang tidak boleh terdapat pada kosmetik antaralain : Mercuri, Hidroquinon, Rhodamin B, dan lemak, kolagen, gelatin, serta elastin dari hewan yang di haramkan (misalnya lemak babi).

 

Itulah beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat memilih kosmetik. Selain itu, akan lebih baik jika sebelum membeli kosmetik untuk berkonsultasi pada dokter kecantikan agar kamu lebih tahu tipe kulit kamu dan mengerti jenis kosmetik apa yang boleh dan tidak boleh kamu pakai.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas