Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

Tips Memasak Sayur Agar Nutrisinya Tetap Terjaga

Memasak Sayur Agar Nutrisinya Tetap Terjaga – Sayur merupakan bahan makanan yang banyak mengandung gizi serta nutrisi. Oleh karenanya, mengonsumsi sayuran secara rutin wajib dilakukan agar tubuh tetap sehat dan metabolisme pun berjalan lancar. Selain memilih sayur yang berkualitas dan segar, agar sayur tetap memiliki gizi dan nutrisi yang utuh diperlukan juga cara memasak sayur  yang benar. Jangan sampai sayur yang Anda beli dengan harga yang mahal justru sia – sia karena gizinya hilang dari akibat salah dalam mengolah. Nah, oleh karena itu mari kita belajar mengolah sayur yang baik dan benar agar gizi serta nutrisinya tetap optimal.

memasak sayur

  1. Mengukus

Mengukus sayur merupakan salah satu cara agar gizi serta nutrisi sayur tetap terjaga secara optimal. Mengukus berbeda degan merebus, merebus justru merupakan salah satu cara yang tidak baik. Sebaliknya, mengukus merupakan cara yang paling mudah dan praktis agar nutrisi sayur tetap terjaga secara optimal. Mengukus yang baik adalah dengan tidak mencampur adukkan bermacam – macam jenis sayur serta memasukkan sayur kedalam kukusan setelah air benar – benar mendidih.

Banyak sekali sayuran yang nikmat meskipun hanya di kukus, dan makanan seperti ini biasanya banyak di konsumsi oleh orang – orang yang sedang elakukan program diet maupun orang – orang yang tengah menstabilkan kesehatannya.

  1. Menumis

Jika Anda bosan dengan rasa sayur yang hanya di kukus, Anda bisa mengolah sayur dngan menumisnya. Car ini juga akan membuat gizi serta nutrisi sayuran teap terjaga namun sayuran akan tersa lebih nikmat. Beberapa jenis sayuran yang sering di tumis adalah kangkung dan brokoli, agar tidak bosan Anda bisa menyelingi dengan jamur ataupun sosis.

  1. Memanggang

Beberapa sayuran akan menghasilkan rasa yang nikmat apabiladi panggang, misalnya saja umbi – umbian seperti kentang, wortel, lobak, bisa juga sayur tomat. Memanggang adalah salah satu cara terbaik untuk mempertahankan kualitas nutrisi dan gizi dari sayuran.

  1. Merebus

Sebenarnya merebus merupakan cara memasak sayur yang paling tidak baik di antara cara –cara mememasak lainnya karena gizi serta nutrisi yang terdapat pada sayur akan menghilang bersama air rebusan. Tetapi Anda bia meminimalisirnya dengan cara memasukkan sayur pada saat air rebusan benar – benar telah mendidih, serta hanya sebentar merebusnya. Hal lain yang harus di perhatikan adalah jangan memasukkan sayur yang memiliki tingkat kepadatan atau kekerasan yang berbeda, misalnya bayam dengan wortel. Jadi yang baik adalah memasukkan bayam dulu, setelah kira – kira setengah matang barulah memasukkan bayam.

Itulah tips mengolah sayur adgar gizinya tetap terjaga secara optimal. Semoga bermanfaat!

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas