Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

Tips Jitu untuk Memperoleh Tidur Nyenyak dan Berkualitas

tidur nyenyakTips Jitu untuk Memperoleh Tidur Nyenyak dan Berkualitas – Tidur adalah cara beristirahat yang paling baik dan maksimal. Dengan tidur, maka tubuh serta pikiran akan kembali segar setelah seharian waktu kita dipenuhi dengan aktivitas yang melelahkan. Itulah sebabnya kualitas tidur dapat mempengaruhi produktifitas seseorang. Dengan begitu maka aktifitas keesokan harinya akan berjalan lancar karena tubuh sudah vit. Sebaliknya jika tidur kurang nyenyak maka tubuh tidak siap secara maksimal dalam melakukan aktifitas keesokan harinya. Oleh karenanya penting sekali mengusahakan agar Anda memperoleh tidur yang berkualitas setiap harinya.

Lalu bagaimana tidur yang berkualitas itu? Tidur yang berkualitas adalah tidur dalam waktu 7 sampai dengan 8 jam per malam, nyenyak, pulas dan tidak sering terbangun di tengah malam. Tetapi sayangnya beberapa orang sering mengeluhkan tidak bisa tidur atau merasa tidurnya kurang nyenyak. Hal tersebut bisa disebabkan oleh berbagai faktor, misalnya makanaan, kondisi kamar, maupun pikiran orang tersebut. Nah, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan agar memperoleh tidur yang nyenyak dan berkualitas.

  1. Jangan mengonsumsi makan – makanan ini sebelum tidur

Ada beberapa makanan yang dapat menyebabkan seseorang menjadi susah tidur karena kandungan zat – zat tertentu. Dan yang paling berpengaruh adalah kafein. Itulah sebabnya, Anda yang sering mengalami maslah tidur sebaiknya tidak mengonsumsi kopi, coklat, teh dan makanan lain yang mengandung kafein.

  1. Menenangkan pikiran sebelum tidur

Jika saat ini Anda sedang memiliki banyak masalah atau seharian tadi Anda mengalami banyak masalah dan belum juga terselesaikan, maka sebaiknya tenangkan pikiran Anda terlebih dahulu. Karena pikiran tersebut akan mengganggu sehingga membuat Anda susah untuk memejamkan mata. Andaikan bisa, biasanya Anda akan terbangun di tengah malam ddan sulit untuk kembali tidur.

  1. Jauhkan alat elektronik

Menonton televisi hingga larut malam bukanlah hal yang baik dilakukan. Beberapa orang yang melakukan kebiasaan tersebut menjadi susah tidur atau mengalami insomnia. Akibatnya keesokan harinya tubuh menjadi sering lemas dan letih. Selain itu, alat elektronik lain yang juga bisa sangat mengganggu kualitas tidur adalah telepon seluler. Kebiasaan memainkan ponsel sebelum tidur juga tidak baik di lakukan.

  1. Jangan tidur siang terlalu lama

Tidur siang memang perlu di lakukan, tetapi jika Anda tidur terlalu lama itu dapat meneybabkan Anda susah tidur di malam harinya. Oleh karenanya, sebaiknya batasi jam tidur siang Anda. 1 atau 2 jam sudah sangat cukup.

  1. Jangan lupa mematikan lampu

Usahakan untuk selalu meatikan lampu pada saat tidur agar tidur nyanyak. Dengan begitu Anda bisa lebih nyenyak saat tidur. Tak hanya itu, tidur dengan keadaan lampu yang di matikan juga lebih menyehatkan.

  1. Buat suasana kamar menjadi nyaman

Yang tidak kalah penting adalah suasana kamar. Kamar yang berantakan akan membuat Anda risih sehingga sulit tertidur atau tidak nyenyak pada saat tidur. Jadi, rapikan dan bersihkan ranjang tidur Anda sebelum Anda tidur. Pastikan juga untuk menutup pintu serta jendela kamar, matikan radio atau alat lain yang mengeluarkan suara. Dengan suasana kamar yang tenang, maka tidur Anda juga akan lebih nyaman.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas