Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

Tips Berkendara Aman di Musim Hujan

berkendara aman di musim hujanTips Berkendara Aman di Musim Hujan – Musim hujan selalu datang setiap tahunnya di Indonesia. Seperti musim hujan sebelumnya, air dan banjir selalu menggenang di beberada wilayah teutama di kota – kota besar. Bagi pengendara baik motor maupun mobil, musim hujan seperti ini tentunya harus lebih berhati – hati dalam berkendara. Lubang jalan serta jalan yang licin menjadi masalah yang harus selalu di waspadai saat air sedang menggenang. Tak hanya itu, perlengkapan berkendara pun juga harus dipersiapkan agar perjalanan menjadi lebih lancar. Terutama helm dan jas hujan atau mantel bagi pengguna kendaraan sepeda motor.

Nah bagi Anda yang khawatir berkendara di musim hujan, berikut ini kami berikan informasi mengenai berkendara aman di musim hujan.

  1. Pastikan kendaraan dalam keadaan normal dan aman

Yang paling penting dilakukan sebelum berkendara, apalagi jika Anda akan melakukan perjalanan jauh adalah memastikan bahwa kendaraan Anda dalam keadaan normal. Tidak ada salahnya jika seblemu berkendara jauh apalagi pada saat musim hujan seperti ini Anda melakukan servis kendaraan. Dengan begitu, Anda tidak terlalu khawatir terjadi sesuatu pada kendaraan Anda di jalan.

  1. Cek bensin dan ban

Yang tidak kalah penting tetapi sering disepelekan adalah ban. Jangan samapai ban mobil atau motor Anda kempes di tengah jalan saat sedang hujan. Cek juga apakah ban dalam keadaan masih layak pakai atau tidak, begitu juga udaranya sudah pas atau belum.

  1. Gunkan helm, mantel dan alas kakiyang memadai

Pada saat musim hujan, sangat penting untuk menggunakan helm dan senantiasa membawa mantel hujan di dalam jok motor Anda. Selain itu, bila perlu gunakan juga sepatu boots agar lebih aman dan nyaman berkendara sepeda motor.

  1. Jangan kebut – kebutan

Kewaspadaan berkendara pada saat hujan sangat penting. Apalagi pandangan menjadi kabur jika hujan turun begitu lebat, tak hanya itu, air hujan juga membuat jalan menjadi lebih licin. Jadi, berkendaralah dengan hati – hati.

  1. Nyalakan lampu

Yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah menyalakan lampu utama. Hujan lebat dan berangin biasanya mengurangi jarak panfdang kita. sehingga kita perlu menyalakan lampu. Selain itu, lampu utama dinyalakan juga sebagai tanda bagi kendaraan lainnya.

  1. Berhenti jika hujan lebat dan berangin

Alangkah lebih baik Anda berhenti jika hujan turun terlalu lebat an disertai angin. Apalagi jika Anda berkendara menggunakan sepeda motor. Terlalu berbahaya berkendara sepeda motor pada saat cuaca seperti itu.

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas