Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

TAHU, Si Murah yang Kaya Manfaat

Tahu merupakan salah satu sumber protein nabati yang terbuat dari kacang kedelai. Kandungan proteinnya yang tinggi dan tidak mengandung kolesterol menjadi alasan kuat mengapa banyak orang suka mengonsumsi makanan ini. Selain itu, harganya pun sangat terjangkau jika di bandingkan dengan makanan berprotein lainnya seperti daging atau ayam yang harganya hanya dapat di jangkau oleh masyarakat kelas menengah hingga atas. Intinya, tahu merupakan makanan untuk berbagai kalangan baik yang kaya maupun yang miskin. Yang lebih menguntungkan lagi, makanan ini memiliki banyak sekali manfaat khususnya di bidang kesehatan.

kuliner tahu

Tahu mengandung berbagai vitamin dan gizi, antaralain vitamin E, vitamin B12, vitamin B kompleks (thiamin dan riboflavin), protein, karbohidrat, lemak, mineral, fosfor, kalium, serta kalsium. Selain itu,  juga mengandung asam lemak tak jenuh sebesar 80% serta rendah kalori sehingga baik untuk kesehatan jantung serta dapat dijadikan sebagai menu diet rendah kalori yang baik.

tahu

Apa saja manfaat dari si murah ini? mari kita simak penjelasan lengkapanya di bawah ini.

  1. Sebagai Antikanker

Kandungan isoflavon yang tinggi pada tahu diketahui dapat menjadi obat antikanker serta dapat mengurangi resiko kanker endometrium pada wanita pasca menopause. Selain itu juga mengandung selenium – mineral sangat bermanfaat bagi tumbuh untuk membentuk antoksidan serta mengurangi kemungkinan terancam penyakit kanker usus.

  1. Membunuh Kolesterol Jahat dalam Tubuh

Berbagai jenis kolesterol jahat bisa dengan mudah masuk kedalam tubuh seseorang, namun dnegan mengonsumsi tahu ini maka kolesterol – kolesterol jahat tersebut mampu di berantas bahkan hingga setengahnya. Jadi, dengan mengonsumsi makanan ini Anda tidak perlu khawatir mengenai kolesterol jahat.

  1. Untuk Penderita Diabetes

Kandungan protein yang tinggi pada tahu namun kolesterol yang rendah sangat cocok dikonsumsi bagi penderita diabetes agar mereka tetap mampu memenuhi sumber protein dalam tubuhnya. Seperti yang telah kita ketahui bahwa penyakit diabetes memeng tidak bisa di sembuhkan tetapi dapat di kurangi, salah satunya adalah dengan mengonsumsi tahu ini.

  1. Menyembuhkan Osteoporosis dan Asam Urat

Bagi orang yang lanjut usia, mengonsumsi tahu merupakan hal yang baik karena kandungan gizi pada tahu dapat meminimalisir gangguan osteoporosis karena kandungan kalsium yang tinggi pada kedelai. Selain itu, protein yang baik pada tahu cocok untuk dikonsumsi oranng yang memiliki gangguan penyakit asam urat namun tetap dalam kadar yang tepat saat mengonsumsinya, intinya tetap tidak boleh berlebihan.

  1. Kandungan Zat Besi untuk Anemia

Seperti yang di jelaskan di atas bahwa tahu mengandung zat besi. Zat besi merupakan bahan yang dibutuhkan untuk membentuk hemoglobin, sehingga secara langsung tahu merupakan obat anemia yang ampuh.

Nah, itulah beberapa manfaat kesehatan dari makanan tahu yang murah dan dapat ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Sesungguhnya untuk memenuhi kebutuhan pangan khususnya empat sehat dan lima sempurna kita tidak di haruskan membeli makanan yang mahal, buktinya tahu yang murah ini juga dapat di jadikan sebagai alternatif untuk memenuhi kebutuhan protein bagi tubuh dan memiliki banyak manfaat yang terkandung.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas