Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

STOP BOROS! SUDAH SAATNYA MENATA KEUANGAN

Menata keungangan memang merupakan sesuatu yang susah – susah mudah bagi setiap orang apalagi untuk orang yang terbiasa hidup boros. Anda pasti pernah mengalami perasaan yang selalu kurang terhadap uang yang Anda dapatkan berapapaun jumlahnya. Bahkan tak jarang orang yang mengaku mengalami besar pasak dari pada tiang. Itulah problematika kehidupan yang tidak ada habisnya, karena pada dasarnya manusia memang memiliki sifat yang selalu kurang kecuali orang – orang yang bisa senantiasa bersyukur terhadap apa yang mereka peroleh.

Pemborosan

Perilaku boros merupakan hal yang sangat berbahaya apalagi jika terus – terusan di biarkan secara berkelanjutan. Bukan hanya menyebabkan bahaya jangka pendek, boros juga dapat menyebabkan bahaya jangka panjang dan bahkan dapat menghancurkan masa depan. Ini bukannya melebih – lebihkan, tetapi sudah banyak bukti nyatanya orang yang jatuh miskin karena tidak mampu mengontrol kebiasaan borosnya. Nah, oleh sebab itulah disini kami akan memberikan tips menata keuangan agar Anda terhindar dari boros.

  1. Hemat, Hemat, Hemat

Hal yang pertama dan paling utama yang harus Anda lakukan untuk menata keuagan adalah senantiasa bersikap hemat. Dengan berhemat dan membiasakan hidup hemat maka pendapatan serta kebutuhan hidup Anda akan terpenuhi serta tidak ada yang namanya kekurangan uang. Atur pengeluaran seminim mungkin dan bersikaplah bijak dalam mengeluarkan uang. Oeh karena itulah sikap hemat harus di tanamkan kepada anak sejak dini agar pada saat mereka dewasa nanti mereka menjadi orang yang pandai menata keuangannya.

  1. “Butuh” dulu lalu “ingin”

Utamakan untuk memenuhi kebutuhan terlebih dahulu sebelum Anda memenuhi hasrat keinginan Anda terhadap sesuatu. Jika memang budget Anda untuk memenuhi kebutuhan dirasa memang cukup dan memiliki sisa yang juga mencukupi baru Anda bisa menggunakan sisanya itu untuk memenuhi keinginan Anda. Tetapi yang harus diperhatikan adalah dalam mengontrol keinginan, jangan membiasakan untuk memenuhi semua keinginan Anda. Jika dibiarkan perilaku seperti ini sangat merugikan hingga membuat Anda mengalami kegagalan dalam menata keuangan.

  1. Budayakan Menabung

Menabung merupakan budaya yang sudah ada sejak dulu dan memang tidak ada yang namanya rugi jika Anda menabung. Sisihkan gaji Anda setidaknya 20% dari seluruh jumlah gaji. Memiliki rekening bagi orang yang sudah berumah tangga atau orang yang sudah bekerja merupakan hal yang wajib. Dan jangan pernah Anda berpikir akan menabung suatu saat jika ada uang yang berlebih karena hal itu tidak akan pernah terjadi, semakin banyak uang yang Anda peroleh, semakin banyak juga kebutuhan yang harus Anda penuhi. Jadi, menabung adalah hal yang sangat penting bagi Anda dalam menata keuangan.

  1. Catat Pengeluaran.

Mencatat pengeluaran merupakan hal yang paling penting dalam menata keuagan kita namun hal ini kadang di sepelekan oleh banyak orang. Meskipun hanya mengeluarkan uang sedikit dari gaji yang diperoeh, kita harus tetap mencatatnya. Dengan begitu kita akan tahu barang apa yang tidak seharusnya  dan yang harus di beli.

  1. Hindari Berhutang

Memang berhutang adalah kebiasaan yang banyak dilakukan oleh kebanyakan orang. Tetapi kebiasaan ini bisa menjadi hal yang tidak baik dilakukan. Sebisa mungkin hindari yang namanya berhutang apalagi hingga ketergantungan. Jadi, penuhi kebutuhan hidup sesuai dnegan kemampuan kita seadanya.

Itulah beberapa cara dalam menata keuangan, salain hal – hal yang sudah kami sebutkan diatas yang tidak kalah penting adalah senantiasa bersyukur atas rizki yang telah di berikan kepada Tuhan. Tidak ada yang lebih mampu memenuhi kebutuhan kita selain rasa syukur. Karena selama kita masih hidup, rasa kurang dan terus kurang akan selalu ada pada diri kita, kecuali jika kita senantiasa memupuk rasa syukur itu.

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas