Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

Sering Mabuk Kendaraan? Ini Dia Cara Atasinya

Mabuk kendaraan atau yang dalam bahasa medisnya disebut dengan motion sickness yang di kategorikan kedalam jenis penyakit Vertigo yakni merupakan keadaan dimana seseorang yang sedang berkendara baik menggunakan kendaraan darat, laut maupun udara mengalami pusing, mual, keringat dingin, kembung, dan muntah – muntah.

mabuk kendaraan

Mabuk kendaraan di akibatkan oleh tidak sinkronnya kinerja otak, telinga bagian dalam serta mata. Pemicu terjadinya mabuk kendaraan sebenarnya bermacam – macam, mulaidari aroma kendaraan yang tidak bisa di terima tubuh, asap, polusi, kurangnya udara segar atau oksigen dalam kendaraan, suspensi kendaraan yang bekerja kurang maksimal di jalanan yang tidak rata, serta karena sebab lain misalnya seseorang sedang kelelahan, atau dalam keadaan kurang sehat.

Nah, jika Anda adalah orang yang mudah mengalami mabuk kendaraan, maka Anda harus mengerti bagaimanakah cara mengatasi mabuk kendaraan agar perjalanan Anda tidak tersiksa akibat gejala – gejala mabuk.

Cara mencegah mabuk kendaraan :

  1. Sebelum melakukan perjalanan, usahakan untuk menjaga kestabilan tubuh dan kesehatan tubuh karena mengingat orang yang tubuhnya kurang vit lebih mudah mengalami mabuk kendaraan.
  2. Sebaiknya jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan sebelum perjalanan, dan hindari mengonsumsi makanan pedas dan makanan asam.
  3. Jika Anda memang orang yang sering mengalami mabuk kendaraan parah, sebaiknya jangan duduk di kendaraan bagian belakang apalagi dekat mesin karena dapat memperbesar kemungkinan mabuk, oleh karenanya usahakan untuk duduk di depan dan lebih baik di depan sopir.
  4. Jangan terus berpikiran dan membayangkan saat Anda mabuk kendaraan, sebaliknya pikirkan hal – hal menyenangkan dan menghibur. Anda juga bisa mendengarkan musik kesayangan, tettapi sebisa mungkin hindari membaca atau bermain gadget terlalu sering di dalam kendaraan.
  5. Buka kaca kendaraan agar sirkulasi udara berjalan dengan baik. Usahakan untuk tidak menyetel AC terlalu dingin.
  6. Jangan lupa untuk meminum obat anti mabuk dua atau satu jam sebelum melakukan perjalanan serta jangan lupa untuk membawanya lagi untuk kepulangan nanti.

Nah, jika memang tindaakan pencegahan itu belum berhasil dan Anda tetap mengalami mabuk kendaraan, Anda bisa melakukan beberapa cara ini untuk mengatasinya :

  1. Apabila gejala – gejala mabuk sudah mulai terasa, sebaiknya oleskan aromaterapi atau minyak kayu putih di sekitar dada dan perut. Usapan juga di salah satu telapak tangan untuk nanti di hirup agar tubuh lebih tenang.
  2. Sebaiknya jika Anda adalah tipikal orang yang mudah mengalami mabuk kendaraan, jangan lupa untuk membawa wedang jahe atau minuman rasa jahe karena dapat memberikan rasa yang lebih nyaman serta dapat menguranngi gejalanya.
  3. Jika mabuk sudah parah, sebaiknya sebisa mungkin untuk segera menghentikan kendaraan. Itupun jika dalam keadaan jalan yang pas dan tidak dalam jalan tol maupun dalam kemacetan. Jika tidak bisa menghentikan kendaraan, buka kaca mobil dan hirup udara di luar mobil yang segar.
  4. Jika ibu hamil atau anak – anak yang mengalami mabuk dan sudah sangat parah, terus muntah, lemas, berkeringat dingin, wajah pucat kebiruan, lemas nyaris pingsan, segera bawa ke puskesmas atau rumah sakit terdekat.

nah, selain itu jika Anda sedang melakukan perjalanan jauh dengan orang yang mudah mengalami mabuk kendaraan, ada baiknya jika sering berhenti entah sekedar membeli permen atau minumn di minimarket atau istirahat dan sholat di masjid. Cara ini akan menurunkan kemungkinan seseorang mengalami mabuk karena sering menghirup udara segar dan beristirahat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas