Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

Penyebab dan Tips Mengatasi Mata Lelah

Penyebab dan Tips Mengatasi Mata Lelah – Di era yang serba modern ini hampir setiap orang memiliki perangkat digital ataupun PC. Apalagi bagi orang – orang yang bekerja di kantor yang setiap harinya harus menatap layar komputer atau laptopnya hingga berjam – jam. Lagi, yang hampir setiap orang punya adalah handphone. Hampir semua orang di dunia ini memilikinya dan menggunakannya setiap hari.

mata lelah

Dan penelitian menunjukkan ternyata orang menatap layar handphonenya lebih dekat ketimbang saat mereka membaca koran atau buku. Hal ini tentunya akan membuat mata mereka harus bekerja lebih keras sehingga mata pun mengalami kelelahan.

Beberapa gejala yang menunjukkan bahwa mata lelah adalah mata terasa seperti terbakar, berair, merah, gatal, iritasi, pandangan kabur dan mata dan dahi terasa berat, serta punggung, bahu dan leher terasa sakit. Agar tidak menganggu aktifitas Anda tentunya Anda harus segera mengatasinya. Nah berikut ini adalah beberapa tips mengatasi mata lelah yang bisa Anda coba.

  1. Bagi Anda yang bekerja sepanjang hari di depan komputer, memang resiko mengalami mata lelah lebih tinggi. Maka dari itu, sering – seringlah berkedip. Karena pada saat berkedip mata secara otomatis akan terlumasi oleh cairan yang terdapat pada mata. Dengan begitu, maka mata tidak kering dan terasa lebih rileks.
  2. Selain itu, cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan memejamkan mata sesaat. Satu menit memejamkan mata bisa Anda lakukan untuk mengistirahatkannya. Anda bisa melakukannya ketika mata tengah terasa benar – benar lelah.
  3. Sempatkan menatap sekitar, jangan terus – terusan terpaku terhadap layar komputer atau handphone Anda. Coba lihat ke luar jendela atau jika memungkinkan bangkitlah dari duduk Anda kemudian berjalan – jalanlah dan lihat pemandangan di sekitar tempat kerja Anda. Cara ini juga bisa membuat Anda tidak terlalu stress menghadapi pekerjaan dan lebih tenang.
  4. Teh atau kopi juga bisa membuat Anda merasa lebih tenang. Maka buatlah teh atau kopi hangat sembari beristirahat.
  5. Jika Anda sedang di kejar deadline dan harus bekerja lembur di depan komputer lebih lama, Anda bisa memanfaatkan mentimun untuk merilekskan mata. Iris mentimun kemudian letakkan di kelopak mata sambil terpejam, berbaringlah di kursi hingga beberapa saat sambil beristirahat.
  6. Selain itu, yang tidak kalah penting adalah melakukan pengaturan terhadap komputer Anda. Salah satunya adalah menyetting kecerahan atau brightness layar koputer, karena cahaya yang terlalu tinggi dapat membuat mata terasa lebih mudah lelah apalagi jika tidak di dukung oleh pencahayaan ruangan yang memadai.
  7. Anda juga harus memperhatikan posisi duduk Anda terhadap komputer, yakni sekitar 50 sampai dengan 75 cm dari layar.

Nah, itulah tips yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi mata lelah. Selai itu, Anda juga harus mengatur pola makan dengan mengonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan mata seperti misalnya wortel dan lain sebagainya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas