Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

Penyebab dan Cara Atasi Kantuk Berlebihan

Tak sedikit orang yang mengeluhakan megalami rasa kantuk yang berlebihan dan di waktu – waktu yang tidak pas baik pada saat bekerja, saat belajar, bahkan pada saat mengemudi sekalipun. Memiliki kebiasaan mengantuk di waktu – waktu yang tidak tepat terutama di pagi hari, siang hari hingga sore hari memang membuat beberapa orang terganggu dan kewalahan mengahadapi rutinitasnya.

kantuk

Mengantuk di pagi hari atau siang hari dapat membuat seseorang menjadi tidak bersemangat menjalani aktifitas, dan sulit berpikir jernih dan sulit berkonsentrasi. Apalagi jika rasa mengantuk datang saat sedang mengemudi, bukan hanya menganggu tetapi juga sangat membahayakan nyawa seseorang.
Sebenarnya rasa kantuk merupakan hal yang wajar dialami seseorang karena kantuk merupakan hal yang alamiah terjadi pada manusia. Tetapi jika kantuk datang terlalu sering dan berlebihan, bukan tidak mungkin Anda sedang mengalami gangguan. Nah, berikut ini beberapa penyebab kantuk yang terjadi pada seseorang.
1.    Kurang Tidur
Penyebab seseorang mengalami kantuk yang berlebihan paling banyak adalah karena kurang tidur terutama tidur di malam hari. Waktu tidur yang cukup adalah sekitar 7 jam per malam. Dengan begitu, kebutuhan tidur kita akan terpenuhi.  Selain itu, hindari tidur terlalu larut malam karena akan membuat badan menjadi lelah dan mlas di pagi harinya.
2.    Kelelahan
Kelelahan merupakan faktor utama penyebab seseorang mengalami kantuk yang berlebihan. Kelelahan melakukan aktivitas atau bekerja dapat membuat seseorang letih, kehilangan energi sehingga menyebabkan rasa kantuk. Apalagi jika seseorang yang terlalu bekerja berat dan kurang waktu istirahat.
3.    Anemia
Anemia merupakan penyakit kekurangan sel darah yang gejalanya membuat seseorang menjadi mudah ngantuk, pusing dan sakit kepala. jadi jika Anda mengalami kantuk yang berlebihan disertai pusing serta sakit kepala, tidak ada salahnya jika Anda memeriksakan diri atau sekedar melakukan cek tensi darah.
4.    Kebiasaan tidur yang tidak teratur
Selain tiga peyebab diatas, kebiasaan tidur yang tidak teratur seperti tidur terlalu larut lalu kebiasaan tidur siang yang terlalu lama  juga dapat menyebabkan seseorang mudah mengalami kantuk. Selain itu, tidur siang yang terlalu lama juga akan membuat Anda sulit tidur di malam harinya. Akibatnya jadwal tidur Anda akan berantakan sehinga kantuk datang di waktu yang tidak tepat.
Nah, berikut ini adalah cara – cara yang dapat di lakukan untuk mengatasi kebiasaan mengantuk.
1.    Istirahat yang cukup dan tidur yang cukup.
2.    Olahragalah secara teratur, dengan berolahraga sirkulasi darah akan meningkat serta akan membuat tubuh menjadi vit sehingga tidak mudah kelelahan yang berujung mengantuk.
3.    Makanlah makanan yang bergizi. Perbanyaklah mengonsumsi sayur – sayuran serta buah – buahan yang bergizi serta jangan lupa untuk memperbanyak konsumsi air putih yang sangat penting untuk metabolisme tubuh.
4.    Meluangkan waktu untuk tidur siang merupakan hal yang sangat penting. Meskipun hanya sekedar tidur membaringkan badan selama 30 menit saja sudah sangat bermanfaat untuk menjaga kebugaran tubuh seseorang. Jadi sebisa mungkin usahakan untuk tidur di siang hari di sela – sela kesibukan Anda.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas