Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

MUKENA SYAR’I dan tips agar tidak salah pilih

Kali ini kita akan membahas mengenai sesuatu yang sangat penting bagi umat islam dalam beribadah khususnya wanita. Ya, mukena atau dalam bahasa jawa biasa di sebut dengan rukuh.  Dalam Wikipedia ensiklopedia bebas disebutkan bahwa : Mukena adalah busana perlengkapan shalat untuk perempuan muslim khas Indonesia.

mukena tokounix
mukena dari tokounix.co.id

Pada saat ini berbagai jenis dan bentuk mukena semakin beragam. Tidak seperti dulu, yang pada umumnya mukena memang hanya berwarna putih polos dan berberntuk sedemikian rupa untuk menutupi aurat. Kini corak, warna, bentuk mukena semakin bermacam-macam di pasaran. Kita, kita sebagai seorang muslimah harus tetap pintar dan selektif dalam memilihnya, karena biar bagaimanapun mukena yang kita gunakan untuk beribadah menyembah Allah harus tetap sesuai dengan aturan agama Islam. Jangan hanya karena sedang mengikuti trend semata, kita menjadi lupa akan aturan mainnya. Nah, oleh karena itu disini saya akan membagi ilmu saya mengenai bagaimanakah mukena yang sesuai dengan syariat islam sehingga anda tidak kebingungan lagi untuk memilih mukena.

Cekidot :

  • Meliputi seluruh badan (menutupi seluruh tubuh)

Ini berarti mukena yang kita gunakan haruslah menutupi seluruh tubuh (batas aurat wanita kecuali kedua telapak tangan dan muka. Syarat ini cukup mudah dan sangat jarang terjadi pelanggaran. Karena umumnya produk-produk mukena Indonesia saat ini sudah menutupi bagian-bagian yang seharusnya memang tertutupi.

 

  • Kain yang dipakai tidak tembus pandang

Inilah yang sedikit mengkhawatirkan. Beberapa kain mukena yang di jual di pasaran menyediakan bahan kain mukena yang tipis dan menerawang. Biasanya mukena dengan bahan kain yang tipis dan menerawang tersebut memiliki harga yang relatif murah sehingga kebanyakan orang lebih memilihnya. Tapi menurut saya, lebih baik mengeluarkan biaya lebih dan mendapatkan Mukena dengan bahan yang lebih tebal, tidak menerawang dan sesuai dengan syari’ah. Kalau untuk urusan agama jangan terlalu pelit. Allah pasti akan memberikan lebih untuk kita sebagai gantinya. Bukan begitu?

 

  • Longgar & lapang

Pilihlah mukena yang longgar dan lapang agar lekuk tubuh kita tidak terlihat saat kita longgar dan lapang akan mempermudah  kita saat melakukan gerakan sholat. Lagipula, akan terlihat lucu juga kalau kita menggunakan mukena yang terlihat ketat. Iya kan?

 

  • Motifnya yang polos

Fungsi mukena adalah sebagai penutup aurat, bukannya perhiasan. Mukena dengan warna yang tajam dan mencolok serta dihiasi berbagai pernak-pernik yang berlebihan juga harus dihindari. Nah, disini saya akan menunjukkan hadist yang berkaitan dengan masalah tersebut :

Dalam sebuah hadits, Rasulullah bersabda,
مَنْ لَبِسَ ثَوْبَ شُهْرَةٍ فِي الدُّنْيَا أَلْبَسَهُ اللَّهُ ثَوْبَ مَذَلَّةٍ يَوْمَ الْقِيَامَةِ

“Siapa yang memakai pakaian syuhrah di dunia, maka Allah akan memberinya pakaian hina pada hari kiamat.” (HR Ahmad, Abu Daud, dan An Nasai dalam Sunan Al Kubra, hasan)

Imam As Sarkhasi dalam Al Mabsuth mengatakan, “Maksud hadits tersebut, seseorang tidak boleh memakai pakaian yang sangat bagus dan indah, sampai mengundang perhatian banyak orang. Atau memakai pakaian yang sangat jelek -lusuh-, sampai mengundang perhatian banyak orang. Yang pertama, sebabnya karena berlebihan sementara yang kedua karena menunjukkan sikap terlalu pelit. Yang terbaik adalah pertengahan.”

Dan ingat lagi, tujuan dari memakai mukena (telekung) adalah untuk salat, beribadah kepada ALLAH, bukan untuk fashion show dihadap-NYA. Allah menganjurkan untuk memakai pakaian yang indah setiap memasuki masjid, tetapi yang dimaksud itu untuk kaum lelaki, bukan untuk wanita.

Nah, sekarang sudah tidak bingung lagi kan memilih mukena? Iya, semoga tips saya diatas dapat membantu anda dalam meilihnya. Dan semoga kita semua terhindar dari perilaku tabarruj (memamerkan pakaian) dan riya (minta dilihat), sehingga pahala yang kita dapatkan saat beribadah tidak ternodai oleh sifat-sifat itu. Amiin.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas