Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

Mengelola Keuangan Bulanan Secara Efisien

Membahas tentang ekonomi tidak luput dari bagaiamana cara anda mengatur dan mengelola keuangan bulanan anda. Ekonomi merupakan hal yang krusial yang paling berpengaruh pada gaya hidup. Orang yang pintar mengelola keuangan bulanan cenderung memiliki prepare yang lebih matang. Dari sini anda bisa membedakan orang yang memiliki kelebihan dalam mengelola keuangan dengan orang yang cenderung boros. Pada orang yang ekonomis dan hemat cenderung pintar mengatur keuangan bulanan, dapat dipastikan pola hidupnya sangat diperhatikan dan keuangan menjadi hal utama yang tidak bisa diabaikan. Misalnya anda per bulan memiliki pemasukan sebesar 2 juta, dengan 2 juta anda harus memenuhi kebutuhan pokok selama sebulan dan menyisakannya untuk ditabung. Hal ini tidak mudah apalagi bagi anda yang memiliki cicilan dan tanggungan lainnya. Cara mudah adalah dengan membuat pembukuan mengenai dana yang keluar dengan dana yang masuk. Saat anda melakukan pengecekan selama beberapa hari anda bisa mengetahui bahwa ada pengeluaran yang tidak perlu sehingga anda tidak akan melakukan kesalahan yang sama seperti bulan lalu. Jika anda menydari kesalahan dalam mengeluarkan uang, makabbisa dipastikan anda mampu mengelola keuangan bulanan anda menjadi lebih hati hati sebelum membelanjakan uang anda. Meskipun pemasukan anda tetap selama sebulan bukan berati anda bebas membelanjakan uang tanpa khawatir uang anda akan habis.

mengelola keuangan bulanan

Kebiasan buruk yang perlu anda hindari saat mengatur keuangan yang harus anda hindari adalah sebagai berikut:

  • Awal bulan anda pasti sangat antusias belanja karena penantian anda selama tanggal tua terasa lama. Kebiasaan ini merupakan kebiasaan buruk karena anda dalam keadaan memegang uang dengan jumlah yang belum anda gunakan untuk membelanjakan kebutuhan pokok.
  • Mengambil cicilan kredit tanpa memperhatikan jumlah pengeluaran wajib anda selama satu bulan. Saat anda terlalu sering mengambil cicilan membuat anda kurang bisa mengntrol keuangan. Sehingga pemasukan anda sebulan hanya anda pegang sesaat, setelah cicilan anda bayar uang untuk anda belanjakan yang digunakan memanjakan diri menjadi tidak ada.
  • Gunakan dua buku tabungan dengan rekening berbeda. Hal ini bisa anda jadikan keuangan sebagai tabungan, dan keuangan yang berfungsi sebagai pembayaran cicilan dan lain lain. Cara menyimpan uang paling aman adalah di bank selain memegang uang tunai lebih berbahaya juga dapat menahan hawa nafsu anda untuk membelanjakan barang barang yang kurang perlu.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas