Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

Jangan Salah Mendidik Anak

Kebanyakan orang tua memang memiliki berbagai macam cara mendidik anak yang beragam. Dan salah satu diantara mereka ada yang melakukan upaya memperlakukan anaknya dengan tegas, maupun dengan lembut. Semuanya kembali pada watak dan pembawaan sikap orang tua dalam mendidik anak. Dalam hal ini orang tua masih perlu belajar dan menambah banyak wawasan untuk bisa lebih memahami bagaimana cara berfikir anak, dan bagimana sikap dan tindakan orang tua yang benar. Memang keberadaan orang tua sangat berpengaruh dan cukup memberikan pengaruh terhadap sikap anak ketika beranjak dewasa. Agar anda sebagai orang tua  dapat melihat tumbuh kembang anak menjadi anak yang baik dan memiliki sikap yang santun, maka semuanya akan kembali lagi dengan bagaimana cara mendidik anak yang benar. Berikut ini adalah adalah beberapa tips yang membahas mengenai cara mendidik anak yang benar dan tepat, diantaranya adalah :

mendidik anak

  • Jangan terlalu memanjakan anak

Sebagai orang tua memang sudah sewajarnya anda bertanggung jawab mendidik anak dan memberikan kasih sayang dan semua perhatian kepada anak. Namun dalam hal ini anda tidak boleh terlalu berlebihan apalagi sampai memperlakukan anak seperti raja. Hal ini adalah cara yang salah dalam mendidik anak. Karena kelas di masa depan anak anda mungkin tidak bisa menerima tekanan apalagi bertindak mandiri nantinya. Dalam hal ini anda perlu menegaskan batasan mana yang boleh dan mana yang tidak. Jadi anak tahu batasan mana yang bisa dia lakukan dan juga sebaliknya.

  • Tidak pernah memberikan tanggung jawab bekerja kepada anak

Kesalahan ini sering dilakukan orang tua sebagai upaya untuk membuat anak merasa nyaman. Namun dampak buruk dengan kejadian ini adalah membuat anak menjadi tidak mau bekerja dan tidak memiliki kesadaran untuk melakukan sesuatu sendiri. Apalagi di saat anak tumbuh dewasa kewajibannya adalah untuk bekerja dan mencari nafkah nantinya.

  • Tidak mengajarkan cara berterima kasih

Dalam hal ini orang tua yang tidak pernah mengajarkan anaknya untuk selalu mengucap syukur dan mengatakan terima kasih akan berdampak buruk untuk perkembangan anak. Dimana anak menjadi merasa selalu kurang dan meminta lebih. Dan anak menjadi meremehkan sesuatu yang diberikan sampai tidak pernah mengucapkan terima kasih.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas