Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

JAHE, TANAMAN SERIBU KHASIAT

Jahe atau yang dikenal dengan nama ilmiah Zingiber officinale merupakan salah satu jenis rempah – rempah serta TOGA (Tanaman Obat Keluarga) yang memiliki seribu khasiat dan banyak di temui di Indonesia. Senyawa zingeron yang terdapat pada jahe menyebabkan rasanya menjadi panas dan menghangatkan apabila di konsumsi. Tanaman Jahe dapat tumbuh secara optimal pada ketinggian 0 hingga 1500 meter di atas permukaan laut.

jahe

Untuk jenisnya, pada umumnya di Indonesia di kenal 3 jenis jahe, antaralain :

  1. Jahe Gajah atau Jahe Badak

jahe gajah

Jahe ini dinamakan sebagai jahe gajah karena memang jika di bandingkan dengan jenis jahe – jahe yang lain, jenis jahe ini lebih besar rimpangnya. Jahe gajah atau jahe bedak ini memiliki rasa yang tidak terlalu pedas dan dagingnya berwarna kuning hingga putih. Jenis jahe ini paling banyak di konsumsi dan dibuat untuk obat – obatan hingga perasa makanan serta minuman.

  1. Jahe Kuning atau Jahe Sunti atau Jahe Emprit

jahe kuning

Jahe jenis ini banyak di gunakan oleh orang Indonesia sebagai penyedap atau bumbu masakan yang dapat membuat aroma masakan yang tajam. Jahe Kuning ini memiliki ukuran rimpang yang paling kecil jika di bandingkan dengan jenis jahe – jahe lainnya serta pada umumnya hanya di panen saat jahe sudah benar – benar tua. Karena kandungan minyak atsirinya tinggi, jahe kuning memiliki rasa yang lebih pedas di banding jahe Gajah. Sehingga jahe ini banyak di buru untuk dibuat sebagai obat – obatan.

  1. Jahe Merah

jahe merah segar

Jahe merah atau Red Gingerband ini memiliki warna daging yang merah serta memiliki ukuran yang kecil. Meskipun begitu, diantara jenis – jenis jahe lain jahe Merah inilah yang paling banyak mengandung minyak atsirin. Selain itu, jahe merah memiliki banyak sekali manfaat yang terkandung di dalamnya sehingga banyak di buru untuk dijadikan jamu dan obat yang berkhasiat tinggi.

Memang tidak salah jika banyak orang bilang jika Jahe merupakan tanaman 1000 manfaat. Karena memang banyak sekali manfaat yaang terkandung dalam tanaman yang di jumpai di Indonesia. Kita sebagai orang Indonesia patut berbangga diri karena Indonesia merupakan negara pemasok rempah – rempah untuk berbagai negara. Bahkan, seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa dahulu alasan Bangsa Kolonial menjajah Bangsa kita adalah karena ingin merebut rempah – rempah. Ini karena rempah – rempah termasuk jahe memang sangat berkhasiat. Nah, berikut ini beberapa khasiat dari jahe :

  1. Sebagai Obat Kanker Rahim

Menurut the American Cancer Society sekitar lebih dari 20.000 wanita telah di duga terkena kanker rahim atau ovarium. Dan ternyata bubuk jahe merupakan obat yang dapat mematikan semua sel kanker ovarium. Ini merupakan kabar menggembirakan khususnya bagi para wanita.

  1. Sebagai Pencegah Kanker Usus

Selain kanker rahim, mengonsumsi jahe secara rutin dapat mencegah penyakit kanker usus.

  1. Obat Batuk dan Melegakan Tenggorokan

Jahe jenis apapun, baik jahe gajah, jahe kuning maupun jahe merah terbukti ampuh mengobati batuk dan dapat melegakan tenggorokan. Hanya tinggal di seduh dengan air hangat lalu tambahkan sedikit gula.

  1. Mencegah gagal ginjal pada penderita diabetes
  2. Mengobati mual dan masuk angin
  3. Mengobati nyeri pada saat haid
  4. Sebagai penambah nafsu makan terutama pada anak – anak.
  5. Sebagai obat rematik

Jahe merah yang di bakar dapat digunakan sebagai obat luar (dioleskan pada bagian yang terasa nyeri)

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Jahe dapat digunakan untuk meningkatkan sistem imun dalam tubuh (antibody) cara termudah yang bisa di lakukan untuk mengonsumsi jahe secara teratur adalah dengan membuat wedang jahe.

  1. Menurunkan suhu tubuh (demam)
  2. Mengurangi rasa sakit akibat sakit gigi
  3. Meredakan nyeri otot
  4. Mengobati migrain
  5. Melancarkan sistem peredaran
  6. Mengatasi Jerawat.

Itulah beberapa khasiat dari jahe. Selain itu masih banyak lagi khasiat yang terkandung dalam tanaman rempah tersebut. Oleh karenanya, tidak ada salahnya jika Anda menanam jahe di sekitar pekarangan rumah. Penanamannya yang mudah dan sangat cocok pada iklim di Indonesia sangat mendukung pertumbuhan jahe. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot – repot membeli obat saat mengalami salah satu penyakit yang di sebutkan diatas.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas