Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

Jadi Mitos atau Fakta Menggaruk Kulit Saat Haid Bisa Menyebabkan Stretch Mark?

Banyak wanita yang beranggapan bahwa menggaruk kulit pada saat haid dapat menyebabkan timbulnya stretch mark. Jadi apa itu benar?

Ladies, pernahkah kamu beranggapan bahwa menggaruk kulit misalnya di area lekukan lengan atau perut dapat menimbulkan guratan – guratan putih di kulit atau yang umum di sebut dengan stretch mark? Jadi stretch mark sendiri sebenarnya timbul akibat perenggangan kulit akibat hal – hal tertentu. Memang stretch mark rawan muncul pada masa pubertas atau pada saat seorang wanita tengah mengalami masa haid.

Pertumbuhan pada masa pubertas di bagian – bagian tubuh tertentu akan membuat kulit mengalami perenggangan, untuk wanita yang memiliki tingkat elastisitas kulit yang rendah, perenggangan tersebut dapat membuat beberapa bagian kulit yang mengalami pertambahan ukuran mengalami guratan – guratan yang tidak beraturan. Guratan inilah yang di sebut dengan stretch mark.

Stretch Mark

Selain terjadi pada remaja yang tengah mengalami masa pubertas atau saat haid, stretch mark juga bisa terjadi pada ibu hamil khusunya pada area pinggul dan perut akibat bertambahnya ukuran atau perengfgangan pada bagian tersebut yang terlalu berlebihan sehingga kulit yang mencapai batas elastisitasnya mengalami robekan.

Jadi intinya, sebenarnya menggaruk kulit pada saat haid dapat menimbulkan stretch mark adalah mitos semata. Karena yang benar adalah terjadi akibat perenggangan kulit seperti yang di jelaskan di atas. Memang menggaruk kulit sendiri dapat memperburuk keadaan stretch mark karena menyebabkan guratan atau sobekan pada kulit semakin membesar. Jadi, sebaiknya jangan menggaruk kulit pada saat kulit mengalami perenggangan.

Lalu bagaimana sebenarnya cara mencegah stretch mark itu? Ada banyak cara yang bisa di lakukan, terutama adalah menjaga kelembaban serta keelastisitasan kulit sehingga pada saat kulit mengalami perenggangan tidak menimbulkan guratan – guratan. Cara terbaik untuk meningkatkan kesegaran serta keelastisitasan kulit adalah dengan rutin menngonsumsi buah dan sayur bergizi yang kaya akan vitamin dan kadar air serta melakukan olahraga yanng cukup.

Nah sedangakan cara untuk mennghilangkan guratan yang terlanjur terjadi pada kulit adalah dengan menggunakan buah lemon yang memiliki kemampuan meregenerasi kulit sehingga kulit yang mengalami robekan dan guratan  tersebut bisa hilang. Caranya adalah dengan mengoleskan buah lemon pada bagian kulit yang mengalami guratan lalu di diamkan selama sekitar beberapa menit kemudian bersihkan. Selain itu, juga tersedia krim penghilang guratan yang bisa kamu dapatkan di apotik – apotik atau toko obat terdekat. Ada lagi pilihan lain yang lebih praktis adalah dengan menghilangkan guratan tersebut menggunakan laser yang tentunya membutuhkan biaya yang cukup mahal. Jadi, tinggal tentukan saja cara mana yang ingin Anda pilih untuk menghilangkan stretch mark di kulit Anda.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas