Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

Inilah Bahaya Mandi Saat Tubuh Berkeringat

Setelah melakukan berbagai aktifitas yang melelahkan atau sepulang bekerja tentunya akan membuat tubuh berkeringat dan kotor. Baik pekerjaan yang ada di luar ruangan maupun di dalam ruangan pastilah akan membuat tubuh berkeringat atau tau terkadang setelah melakukan olahraga. Cara terbaik agar kesegaran tubuh dan kebersihannya kembali adalah dengan mandi. Namun tahukah Anda jika mandi pada saat tubuh sedang dalam keadaan yang masih berkeringat memiliki banyak resiko?

berkeringat

Saat seseorang berkeringat, pori – pori kulit akan melebar. Nah, pelebaran pori – pori tubuh ini menandakan jika suhu tubuh sedang meningkat. Saat Anda langsung mengguyurkan air ke tubuh, otomatis suhu tubuh akan turun secara derastis dan menyebabkan terjadinya demam pada tubuh. Nah selain itu, di bawah ini adalah bahaya dari mandi pada saat tubuh masih berkeringat agar Anda bisa menghindarnya.

Merusak Sistem Kekebalan Tubuh

Ketika Anda mengeluarkan keringat dan mandi akan membuat sistem kekebalan tubuh menjadi rusak. Karena pada dasarnya keringat yang keluar melalui pori – pori kulit merupakan reaksi metabolisme dan membuat sistem kekebalan tubuh tetap stabil. Jika sudah begitu maka sistem kekebalan tubuh menjadi rusak yang biasanya di tandai dengan tubuh yang menggigil.

Menyebabkan Tubuh Shcok

Seperti yang telah di sebutkan diatas bahwasannya ketika berkeringat suhu tubuh akan meningkat, dan pori – pori kulit terbuka. Nah ketika air di guyurkan be badan apalagi air dingin maka tubuh akan kaget dengan perubahan suhu yang terjadi. Akibatnya ketidaknyaman saat mandi bahkan hingga setelah mandi akan Anda alami. Bahkan, dampak buruknya juga dapat menyebabkan kerusakan tubuh bagian dalam.

Menyebabkan Masalah Otot

Kebiasan mandi setelah melakukan kegiatan yang melelahkan dan menguras tenaga setelah beroahraga atau melakukan senam merupakan kebiasaan yang tidak baik. Karena mandi pada saat berkeringat dapat menyebabkan cidera otot. Otot yang lelah setelah melalui berbagai gerakan – gerakan serta aktivitas yang melelahkan sangat rentan mengalami cidera. Jadi, ada baiknya jika setelah melakukan olahraga atau senam Anda mengistirahatkan diri Anda terlebih dahulu agar otot kembali santai dan keringat pun hilang. Dengan begitu Anda akan terhindar dari cidera otot.

Membahayakan Pembuluh Darah

keringat yang keluar bisa di jadikan tanda bahwa tubuh Anda memiliki kesehatan yang bagus karena kerinngat yang keluar merupakan bukti bahwa metabolisme berjalan secara lancar dalam tubuh Anda. Mandi saat tubuh sedang berkeringat dapat menyebabkan aliran darah pada pembuluh darah mengalami ketidaknormalan akibat perubahan suhu yang mendadak.

Itulah beberapa bahaya yang di timbulkan akibat mandi dalam keadaan tubuh yang masih berkeringat. Oleh karenanya, jika tubuh sedang berkeringat ada baknya untuk menunda mandi Anda dan menunggu hingga keringat di tubuh menghilang sehingga Anda bisa mandi tanpa harus khawatir mengalami berbagai penyakit dan resiko seperti yang di sebutkan di atas.

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas