Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

Inilah Alasan Mengapa Lembur Bahaya Bagi Kesehatan

Lembur merupakan salah satu kegiatan dimana seseorang melakukan pekerjaan atau menyelesaikan sebuah pekerjaan di luar jam kerja yakni sekitar 7 sampaia dengan 8 jam per hari. Umumnya lembur kerja dilakukan pada malam hari karena banyak pekerjaan yang masih menumpuk dan harus di selesaikan, dan inilah salah satu pilihan terbaik agar pekerjaan bisa terselesaikan tepat pada waktunya.

bahaya lembur

Meskipun lembur dapat membuat pekerjaan terselesaikan dengan tepat waktu tetapi kegiatan yang satu ini juga memiliki resiko dan bahaya yang mengancam. Terlebih jika seseorang sering melakukan lembur. Berbagai bahaya kesehatan dan efek buruk akan menimpa seseorang tersebut. Mengetahui bahaya lembur akan membuat Anda lbih berhati – hati dan mengurangi jam lembur sehingga Anda terhindar dari berbagai bahayanya. Lalu, kira – kira apa saja bahaya terlalu sering lembur bagi kesehatan?

  1. Menyebabkan Kelelahan yang Luar Biasa

Orang yang sudah seharian bekerja lalu masih melanjutkan lagi pekerjaannya hingga malam sudah bisa di pastikan akan mengalami kelelahan. Jika di lakukan berkelanjutan tentunya bukan hanya lelah biasa saja yang akan di alami, lebih dari itu, seseorang pasti akan mengalami kelelahan yang luar biasa. Niat hati ingin segera menyelesaikan pekerjaan, justru berbuntut mengalami penyakit akibat kurang istirahat dan tentunya kelelahan.

  1. Menurunnya Kualitas Tidur

Orang yang bekerja lembur tentunya akan memiliki waktu tidur yang kurang. Padahal tidur yang ideal dan baik untuk kesehatan adalah sekitar 8 jam per malamnya. Sedangakan orang yang melakkan kerja lembur memiliki waktu yang lebih sedikit bahkan bisa saja sangat kurang. Oleh karenanya kualitas tidur pun menurun yang berakibat menyebabkan berbagai masalah misalnya anemia, kelelahan dan orang yang kurang tidur akan mudah terserang berbagai macam penyakit.

  1. Menyebabkan Stress dan Depresi

Pekerjaan yang masih menumpuk, kelelahan, dan kurang tidur dapat memicu seseorang mengalami stress hingga depresi. Belum lagi jika ada masalah – masalah lain yang berat yang harus di hadapi.

  1. Terlalu Banyak Duduk

Orang yang lembur tentunya tidak akan melakukan banyak aktifitasselain duduk. Di tempat kerja duduk dan akan duduk lagi pada saat lembur. Padahal sebuah penelitian menyebutkan orang yang terlalu banyak duduk dapat terserang berbagai macam penyakit di banding orang yang banyak melakukan aktifitas yang terus bergerak atau berdiri. Penyakit – penyakit yang dapat menyerang misalnya obesitas maupun diabetes. Oleh karenanya, orang yang banyak duduk pada saat bekerja harus sering melakukan olahraga untuk mengimbanginya.

Memang lembur merupakan pilihan yang tepat saat pekerjaan belum terselesaikan. Namun mengingat lembur juga memiliki dampak positif bagi kesehatan kita, alangkah baiknya jika kita mengurangi kebiasaan lembur apalagi lembur yang berlebihan di malam hari sehingga menyita waktu istirahat kita. Lalu bagaimana caranya agar pekerjaan selesai tepat waktu tanpa harus di kejar – kejar deadline? Ya tentunya dengan memanfaatkan waktu kerja secara maksimal. Sehingga Anda hanya akan bekerja pada saat jam kerja, dan bisa beristirahat di jam istirahat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas