Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

Ini Dia Tips Praktis Atasi Insomnia

Insomnia

Insomnia merupakan ganguan tidur yang dapat menyerang setiap orang, baik yang masih muda maupun yang tua dan apapun profesinya. Gejala insomnia adalah di tandai dengan susah tidur. Insomnia dapat menyebabkan banyak sekali masalah, apalagi jika seseorang telah mengalami insomnia akut. Bebrapa masalah yang di sebabkan oleh penyakit tidak bisa tidur ini adalah kelelahan di siang hari karena malamnya tidak bisa tidur maksimal, akibatnya seseorang akan mudah pusing, sakit kepala, mudah emosi, bahkan dapat menyebabkan depresi. Beberapa orang yang mengalami insomnia akut tidak bisa tidr secara makssimal selama berbulan – bulan lamanya. Nah di bawah ini adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit tidak bisa tidur :

  1. Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang yang mengandung kafein misalnya kopi maupun teh.
  2. Efek samping dari konsumsi obat – obatan ttertentu.
  3. Tengah mengalami berbagai masalah sehingga menimbulkan stress serta deprresi.
  4. Memiliki kelainan penyakit tidur, terutama penyebab penyakit insomnia akut.
  5. Kebiasaan tidur yanng tidak bai misalnya kebiasaan tidur terlalu malam, atau kebiasaan tidur terlalu lama di siang maupun sore hari.

Nah, untuk mengatasi masalah – masalah yang timbul akibat insomnia di bawah ini adalah beberapa cara praktis mengatasi penyakit tidak bisa tidur :

 

  1. Mengonsumsi makanan yang mengandung tinggi potasium dan magnesium

Contoh makanan yang mengandung potasium dan magnesium yang tinggi adalah pisang dan kacang almond. Dengan mengonsumsi makanan tersebut sesaat sebelum tidur dapat menenangkan diri sehingga akan mudah tidur.

  1. Hindari begadang

begadang penyebab insomnia

Begadanga adalah salah satu penyebab mengapa seseorang mengalami penyakit tidak bisa tidur  terbanyak disebabkan oleh kebiasaan tidur yang tidak baik misalnya begadang. Tidur terlalu larut akan membuat keesokan harinya mengantuk dan tidur siang dalam waktu yang lama. Nah ilah yang berujung insomnia di malam harinya hingga berlanjut dalam beberapa waktu. Oleh karenanya hindarilah tidur begadang agar terhindar dari insomnia.

  1. Meditasi

meditasi mengatasi insomnia

Seperti yang di sebutkan di atas, bahwa insomnia dapat di sebabkan oleh stress dan depresi. Oleh karenanya melakukan meditasi adalah salah satu jalan keluarnya. Meditasi sendiri adalah kegiatan merelaksasi pikiran sehingga pikiran menjadi tenang dan lebih positif dan membuang jauh – jauh permasalahan yang sedang di alami dan mengambil maknanya.

  1. Melakukan olahraga secara teratur

olahraga mengatasi insomnia

Salah satu cara lain yang dapat di lakukan untuk mengatasi susah tidu adalah dengan melakukan olahraga secara teratur. Selain menyehatkan, olahraga secara teratur juga dapat melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh. Tetapi jangan melakukan olahraga sesaat sebelum tidur, olahraga yang baik adalah di pagi hari.

  1. Meminum susu hangat sebeum tidur

Kandungan troptifan pada susu di akui dapat membuat seseorang lebih mdah tidur dan menyenyakkan orang yang sedang tidur. Oleh karenanya baik untuk meminum susu hangat sebelum tidur.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas