Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

Ibu, Ini Dia Tips Memilih Daging Segar dan Berkualitas

daging

Memilih daging yang segar dan berkualitas merupakan hal yang sangat penting. Daging merupakan bahan pangan yang banyak di butuhkan oleh setiap orang. Kandungan nutrisi dan kelezatan daging merupakan alasan mengapa banyak orang menyukai daging. Namun, saat ini banyak sekali di temukan daging – daging yang sudah tidak layak konsumsi yang dijual di pasar tradisonal bahkan di supermarket sekalipun. Kasus – kasus yang banyak di temukan adalah daging gelonggong, daging busuk yang berpengawet, daging kadaluawarsa, hingga di temukan daging – daging dari hewan yang tidak semestinya misalnya daging babi. Hal tersebut tentunya sangat berbahaya apalagi jika adi konsumsi oleh keluarga, karena itu Anda sebagai ibu yang baik sudah sepantasnya mengerti bagaimana cara memilih dading yang segar dan sehat untuk keuarga tercinta.

Inilah cara memilih daging yang baik dan berkualitas :

  1. Dilihat dari warnanya

Untuk memilih daging yang segar dan berkualitas dapat dilihat dari warna dagingnya. Daging sapi yang berkualitas memiliki warna merah segar dan natural, artinya tidak pucat, juga warnanya tidak terlalu mencolok. Warna daging yang pucat bisa menjadi tanda daging tersebut sudah terlalu lama atau merupakan daging gelonggongan sedangkan daging yang memiliki warna terlalu mencolok bisa menjadi tanda bahwa daging tersebut di beri zat pewarna karena hal – hal tertentu misalnya bukan daging asli,atau daging sudah membusuk.

  1. Dilihat dan di sentuh dari teksturnya

Tekstur daging yang masih segar tentunya akan beerbeda dengan daging yang sudah lama. Jika daging ketika di tekan terasa kenyal dan kembali ke bentuk semula, bisa di pastikan daging tersebut masih segar. Sebaliknya, jika ketika di tekan daging lembek dan tidak dapat kembali kebentuk semula bisa jadi daging tersebut memiliki kualitas yang buruk. Selain itu daging yang licin juga bisa jadi tanda bahwa daging tersebut telah busuk karena bakteri telah berkembangbiak di dalamnya.

  1. Dicium Aromanya

Daging yang masih segar pasti akan mengeluarkan aroma segar khas daging pula, dan juga sebaliknya daging yang sudah kedaluwarsa akan mengeluarkan bau busuk yang menyengat.

  1. Dilhat Kondisinya

Daging yang sudah kedaluwarsa akan mengeluarkan air dan teksturnya juga mulai hilang karena kehilangan kesegaran. Begitu sebaliknya dengan daging segar, tidak berarir, meskipun berair hanya sedikit.

Nah itulah beberapa cara yang bisa di lakukan untuk memilih daging segar dan berkualitas. Dalam memilih daging kita harus sangat sangat berhati – hati mengingat kini banyak sekali oknum yang melakukan kecurangan dengan mengoplos daging menggunakan daging gelonggong. Selain waspada memilih daging, kita juga harus waspada dalam memilih makanan olahan daging misalnya bakso, sate, rawon dan makanan – makanan olahan daging lainnya karena memiliki tingkat kecurangan yang lebih besar di banding daging langsung.

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas