Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

Hentikan Kebiasaan Buruk Menggunakan Lensa Kontak Ini Secepatnya!

Lensa kontak merupakan pilihan yang pas bagi para penderita gangguan mata yang tidak suka menggunakan kaca mata. Beberapa orang memang menganggap penggunaan lensa kontak jauh lebih prakis di banding kacamata.

lensa kontak

Tetapi sayangnya resiko terkena gangguan mata yang lebih parah atau infeksi mata jauh lebih besar saat menggunakan lensa kontak. Banyak orang yang tidak sadar melakukan berbagai kebiasaan yang tidak higienis sehingga penggunaan lensa kontak menjadi berbahaya.

Nah inilah beberapa kebiasaan orang – orang pengguna lensa kontak yang sering di lakukan.

  1. Tidak melepas lensa pada saat tidur

Banyak pengguna lensa kontak yang tidak melepaskannya pada saat mereka terdidur. Padahal kebiasaan tersebiut sangat tidak baik dan bahkan bisa berbahaya. Ini di karenakan kornea tertutupi oleh lensa kontak tersebut sehingga tidak mendapatkan pasokan oksigen secara optimal. Inilah yang menyebabkan bakteri dan jamur bisa berkembang secara pesat.

  1. Mencuci kontak lensa sembarangan

Kebersihan kontak lens menjadi poin yang sangat penting. Tetapi masih saja ada orang – orang yang tidak terlalu memperdulikannya.

Beberapa orang bahkan mencuci lensanya dengan menggunakan air biasa atau air kran dalam situasi tertentu. Padahal sudah di siapkan cairan pembersih khususnya. Oleh karenanya, selalu bawa cairan tersebut kemanapun Anda pergi dan segera bel yang baru jika sudah akan habis.

  1. Tidak mengganti dalam waktu yang lama

Kebiaaan buruk jarang menggantik lensa dalam waktu yang lama dapat menyebabkan terjadinya suatu penyakit yang di sebut dengan keratitis. Penyakit ini merupakan peradangan yang terjadi pada kornea yang dapat menyebabkan kebutaan.

Oleh karenanya segera ganti kontak lens Anda sesuai dengan umur yang tertera pada kemasan saat Anda membelinya.

Selain itu, penyakit yang juga bisa terjadi adalah giant papillary conjungtivis. Takni sebuah penyakit mata dimana Anda tidak lagi bisa menggunakan kontak lens.

  1. Tidak melepas kontak lensa dalam waktu yang terlalu lama

Terlalu lama menggunakan lensa kontak ternyata juga tidak baik. Oleh karenanya lepaskan jika Anda merasa sudah sangat lama menggunakannya.

  1. Menyemprotkan cairan lensa

Kebiasaan lain yang sering di lakukan oleh pengguna kontak lens adalah menyemprotkan cairan pembersih pada lensa. Padahal anjuran yang benar adalah membersihkan dengan merendamnya.

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas