Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

Cara Merawat Contact Lens dengan Benar

Contact Lens atau lensa kontak merupakan alat bantu pengelihatan sebagai ganti dari kacamata. Sebagai alternatif memang penggunaan kontak lensa lebih praktis di banding dengan penggunaan kacamata karena selain ukurannya kecil juga memiliki keuntungan lain yakni dapat memperindah mata. Lensa kontak hadir dengan berbagai warna dan variasi membuat banyak orang memilih kontak lensa sebagai pengganti kacamata. Sebenarnya fungsinya sama saja dengan fungsinya kacamata, hanya bentuknya saja yang membedakan.

contact lens

Meskipun lensa kontak memiliki banyak keunggulan jika di banding kacamata, tetapi dari sisi perawatan lensa kontak lebih sulit di banding merawat kacamata. Mengingat lensa kontak yang langsung terpasang ke kelopak mata sedangkan kacamata hanya ada di depan mata.

Nah, di bawah ini kami akan memberikan tips merawat lensa kontak yang benar.

  1. Hal pertama yang harus di perhatikan adalah selalu membaca petunjuk dan saran pemakaian.
  2. Anda tidak boleh melewatkan tahap mencuci tangan dengan bersih. Jadi agar bersih, cucilah tangan menggunakan air yang bersih dan sabun cuci tangan. Pastikan tidak ada sisa sabun yang masih menempel di sela – sela jari, lalu keringkan tangan.
  3. Hanya gunakan cairan pembersih khusus contact lens untuk membersihkannya. Dan jangan menggunakan ulang cairan pembersih yang sudah pernah di pakai.
  4. Lepaskan contact lens ketika Anda akan tidur, akan berenang, dan akan mandi. Usahakan agar lensa kontak Anda tidak terkena air. Memang ada beberapa lensa kontak yang di desain agar tetap bisa di pakaia meskipun sedang tidur, tetapi alangkah lebih baiknya jika Anda melespanya untuk menghindari hal – hal yang tidak di inginkan mengingat tidur dapat membuat seseorang hilang kesadaran dan tidak sadar akan melakukan apa pada matanya.
  5. Jangan terlalu lama menggunakan contact lens, perhatikan batas – batas waktu maksimal penggunaan lensa kontak Anda. Lepaskan jika sudah pada batasnya.
  6. Hati – hati pada saat membersihkan contact lens Anda, gosok lembut dengan jari yang bersih. Usahakan untuk tidak kasar agat tidak menyobek lensa kontak Anda.
  7. Yang kadang banyak diabaikan oleh para pengguna contact lens adalah menjaga kebersihan case atau wadah penyimpanan lensa kontak. Untuk membersihkannya gunakan juga cairan pembersih setidaknya setipa satu minggu sekali. Jagan biarkan wadah penyimpanan lensa kontak ini teruka terlalu lama hingga menyebabkan kering. Mencaga case sangat penting karena jika case kotor maka juga akan membuat lensa kontak menjadi ikut kotor bahkan bisa saja kuman penyebab infeksi mata tingal di dalam wadah lensa kontak kotor.
  8. Penggunaan contact lens terkadanng bisa membuat mata menjadi sensitif terhadap sinar matahari, untuk berjaga – jaga Anda bisa menggunakan topi, jilbab atau penutup kepala lainnya apabila akan keluar menggunakan lensa kotak saat matahari tengah terik – teriknya. Atau melepas lensa kontak jika tidak ingin mengambil resiko.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk merawat contact lens Anda. Semoga bermanfaat.

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas