Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

Cara Mengendalikan Emosi Berlebihan

Ada beberapa jenis karakter orang yang memiliki perbedaan karakter dalam mengontrol dan mengendalikan emosi yang bisa saja muncul menjadi berlebihan. Emosi merupakan salah satu akibat yang timbul disebabkan oleh perasaan seseorang yang terlalu peka sehingga mudah sakit hati, sampai perasaan negatif yang membuat seseorang cenderung berfikiran buruk sehingga menimbulkan emosi. Hal ini kebanyakan disebabkan salah satunya adalah salah paham, dimana salah satu pihak memiliki gaya penyampaian yang mungkin kurang diterima oleh pihak lain, sehingga munculah rasa emosi. Dalam hal ini pula anda bisa membuat sedikit peruabahan dalam mengendalikan emosi. Jika anda mengalami kejadian seperti ini maka cara yang paling mudah adalah anda bisa menerapkan beberapa tahapan untuk bisa membantu anda mengendalikan emosi, diantaranya adalah :

mengendalikan emosi

  • Anda bisa mencoba merilekskan pikiran dan otak

Orang yang sedang emosi akan memiliki pikiran yang kurang terkontrol karena emosi seperti terasa penuh di kepala. Dan karena itulah anda harus bisa mencoba untuk rileks dan membuat pikiran dan hati anda bisa kembali normal seperti sedia kala. Kemudian anda juga mengambil nafas dalam-dalam kemudian mengatur nafas untuk membantu pikiran dan hati anda lebih tenang. Terlebih lagi banyak yang sedang emosi akan kesulitan mengatur setiap perkataan yang keluaar. Jadi sebelum semuanya terlambat dan anda menyesalinya anda bisa mengendalikan diri anda terlebih dahulu.

  • Anda bisa mencoba untuk intropeksi diri

Jika saat ini anda sedang dilanda rasa kesal, gelisah dan marah, maka anda bisa mencoba alternatif untuk belajar intropeksi diri. Disini anda bisa melihat kembali kejadian lampau yang mungkin akan menyadarkan anda bahwa emosi tidak akan pernah membawa manfaat bagi siapapun yang melakukannya. Dengan intropeksi anda menjadi tahu letak kesalahan anda dan apa saja yang seharusnya anda lakukan dan hindari. Emosi yang berlebihan hanya akan membuat anda menjadi orang lain yang lupa mengenai arti menjaga perasaan.

  • Anda bisa mencoba mengambil semuanya dari segi positif

Tidak semua orang akan mudah berfikiran positif, karena masih ada sebagian orang yang hanya fokus melihat kejelekan orang. Memang mengingat keburukan akan lebih mudah dibandingkan mengingat kebaikan. Semua itu penyebab orang mudah emosi karena terlalu banyak berprasangka buruk sehingga hanya akan berakhir pada sebuah penyesalan. Anda disini belum tentu benar sepenuhnya, dan ketika anda emosi secara tidak langsung bisa saja anda menyakiti perasaan orang tersebut. Dari situlah anda bisa belajar untuk mencoba yang terbaik dalam upaya mengendalikan emosi.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas