Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

Cara Jitu Mengurangi Konsumsi Junk Food Perusak Kesehatan

Junk Food memang salah satu jenis makanan yang banyak di sukai oleh orang karena rasanya yang memang lezat serta harga yang lebih ekonomis. Junk Food sendiri artinya adalah makanan cepat saji. Makanan yang memiliki nutrisi kurang dan banyak mengandung lemak.

junk food

Saat bersantai, berjalan – jalan, nonoton maupun saat di sekolah bagi anak – anak makanan ini memang merupakan pelengkap yang pas bahkan sudah menjadi kebiasaan. Karena makanan ini tidak bisa membuat seseorang merasa kenyang dan beberapa di antaranya di buat dengan bahan yang membuat seseorang mampu ketagihan sehingga pecinta makanan ini dari hari ke hari semakin banyak. Tak hanya itu, seperti jamur di musim hujan para produsen juga semakin banyak. Tidak ada yang perlu di salahkan, banyaknya produsen karena juga akibat banyaknya konsumen junk food.

Padahal tentunya sudah banyak orang yang mengerti soal bahaya Junk Food ini terhadap kesehatan. Kandungan kalori yang tinggi pada makanan ini dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Selain itu, berbagai masalah kesehatan jangaka panjang seperti kanker, diabetes serta gangguan pencernaan.

Oleh karenanya mengurangi kebiasaan mengonsumsi makanan cepat saji ini sangat perlu di lakukan. meskipun memang tidak mudah tetapi Anda bisa mencoba beberapa hal di bawah ini untuk menguranginya.

  1. Kurangi konsumsinya secara perlahan

Melakukan kebiasaan baru dengan drastis justru hanya akan menyiksa diri dan sia – sia. Misalnya saja merubah kebiasaan untuk tidak merokok. Jika di lakukan dengan spontan maka justru akan sangat sulit.

Oleh karenanya lakukan secara perlahan sedikit demi sedikit. Jika biasanya Anda setiap hari makan junk food, maka kurangilah. Lima hari sekali atau satu minggu sekali secara teratur dan disiplinlah. Maksudnya jangan terlalu mengikuti nafsu ingin makan.

  1. Ganti dengan makanan sehat

Jika memang saat menonton tv, saat berkumpul bersama, atau saat berjalan – jalan Anda selalu membutuhkan makanan untuk pelengkapnya. Maka coba ganti makanan cepat saji Anda dengan makanan yang lebih bergizi. Misalnya saja salad, baik salad buah maupun salad sayuran. Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi jus buah sebagai ganti minuman kemasan. Dengan begitu kebiasaan mengonsumsi makanan cepat saji perlahan akan menghilang.

  1. Ubah kebiasaan

Jika biasanya Anda mengonsumsi makanan cepat saji pada saat bekerja atau ke sekolah, kini biasakan diri untuk membawa bekal sendiri dari rumah. Bekal tidak harus melulu nasi, Anda bisa membawa bekal buah – buahan maupun olahannya sebagai ganti agar tidak bosan. Mengonsumsi makanan ini setidaknya selama 3 minggu sudah cukup untuk membuat Anda terbisa tidak mengonsumsi makanan cepaat saji.

  1. Jika terpaksa, makan sedikit

Jika memang keinginan Anda benar – benar tidak tertahan, Anda bisa mengonsumsi Junk Food sesekali. Sedikit saja asal keinginan Anda bisa terpenuhi. Ingat untuk bisa menahan nafsu makan Anda dan ingat juga bahaya yang terkandung di dalamnya apabila di konsumsi terus menerus.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas