Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

Bahaya dan Manfaat Makanan Pedas

gurame pedas

Indonesia terkenal dengan makanan – makanannya yang beraneka ragam. Makanan pedas merupakan makanan favorit orang Indonesia. Hampir seluruh kuliner Indonesia memiliki rasa pedas, selain itu makanan – makanan khas Indonesia juga terkenal dengan rasanya yang pedas seperti bakso, soto, rendang, gudeg, gado – gado, nasi goreng yang semuanya memiliki rasa pedas yang dapat membangkitkan selera makan kita. Nah, inilah salah satu alasan mengapa orang Indonesia memiliki porsi makan yang besar. Berikut ini adalah beberapa manfaat makanan pedas.

makanan pedas

  1. Dapat Mencegah Kanker

Cabai yang memiliki kandungan kapsiasin ternyata dapat mencegah kanker seprti kanker prostat, penyakit kanker lain hingga leukimia. Ini di buktikan dengan penelitian yang dilakukan oleh American Association for Cancer Research.

  1. Dapat Meningkatkan nafsu Makan

Makanan yang pedas memang terbukti dapat meningkatkan nafsu makan. Kebanyakan orang yang menyukai makanan pedas memiliki nafsu makan yang tinggi. Ini dikarenakan zat kapsaisin yang terkandung dalam cabai yang mempunyai sifat somatik meningkatkan nafsu makan. Selain itu cabai juga mengandung endhorphin yang dapat membuat rasa makanan menjadi lebih nikmat.

  1. Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang memiliki berat badan berlebih dan ingin diet, memakan makanan yang pedas merupakan salah satu solusinya. Rasa pedas pada cabe rawit dapat membakar kalori hingga 25% dari tubuh.

  1. Untuk Kesehatan Jantung

Pedas dan panas yang ditimbulkan oleh lada dapat memperlancar peredaran darah ke seluruh tubuh sehingga kesehatan jantung semakin baik. Selain itu, penelitian membuktikan bahwa orang yang menyukai dan banyak mengonsumsi makanan pedas tidak mudah terkena penyakit jantung.

Itulah beberapa manfaat yang terkandung dalam makanan pedas. Meskipun memiliki manfaat yang baik, makanan pedas juga memiliki bahaya apabila dikonsumsi melampaui batas atau berlebihan. Nah, berikut ini beberapa bahaya jika terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas.

makanan pedas 2

  1. Dapat mengakibatkan kerusakan dinding lambung karena kandungan asam pada cabai yang tinggi apalagi jika di konsumsi berlebihan dan atau pada saat perut belum terisi. Jadi sebaiknya saat sarapan, hindari mengonsumsi makanan yang terlalu pedas.
  2. Terlalu banyak mengonsumsi cabai dan makanan pedas lainnya dapat memicu penyakit maag akut atau yang sering di sebut dengan penyakit gastritis.
  3. Makanan pedas dapat menimbulkan insomnia karena setelah memakan makanan yang terlalu pedas suhu tubuh akan naik sehingga membuat ketidaknyamanan saat tidur. Jadi sebaiknya jangan mengonsumsi makanan yang terlalu pedas sebelum tidur.
  4. Terlalu banyak memakan makanan pedas dapat menyebabkan diare karena organ pencernaan khususnya usus mengalami iritasi.
  5. Selain menyebabkan kerusakan dinding lambung, mengonsumsi makanan pedas secara tidak terkontrol dapat mengakibatkan penyakit Ulkus Gaster atau tukak lambung yang membuat perut terasa seperti terbakar, mual-mual hingga muntah-muntah.

Sebagai orang Indonesia tulen memang sulit bagi kita untuk berpisah dengan makanan pedas. Apalagi lidah kita sejak kecil sudah diajak menikmati mantapnya makanan pedas. Namun mengingat berbagai penyakit dapat menyerang saat kita memakan pedas, alangkah lebih baik jika dalam mengonsumsi makanan pedas kita lebih berhati – hati dan membatasinya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas