Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

AWAS! Bahaya Di Balik Cat Rambut yang Menawan

Mewarnai rambut selain dapat membuat tampilan rambut menjadi semakin indah juga dapat merubah suasana hati dan menyegarkan penampilan. Berbagai jenis dan warna cat rambut yang tersedia di pasaran. Apalagi model – model mengecat rambut yang semakin beragam. Misalnya kini yang tengah trend adalah model mengecat rambut gaya ombre yakni perpaduan cat warna gelap di bagian atas dan terang di bagian bawah rambut. Model seperti ini memanng menjadi trend di banyak kalangan, khususnya remaja.

cat rambut

Namun, ternyata di balik warna – warni cat rambut yang dapat membuat penampilan semakin menawan itu tersimpan berbagai resiko dan bahaya yang menyertainya.

Sebelum membahas mengenai bahaya di balik pewarna rambut, akan lebih baik jika Anda mengetahui terlebih dahulu beberapa komposisi yang terkandung dalam cat berdasarkan jenisnya.

Cat Rambut Jenis Permanen

Cat rambut jenis permanen adalah jenis cat rambut yang paling banyak dipilih oleh masyarakat karena cat ini bisa bertahan lama (permanen). Kandungan oksidator jenis hodrogen peroksida pada pewarna rambut berfungsi memudarkan warna rambut asli, kemudian kandunngan amonia pada cat berfungsi membuka pori – pori rambut sehingga cat dapat meresap kedalam pori – pori tersebut.

Cat Rambut Jenis Semipermanen

Pewarna rambut jenis ini akan memberikan warna pada rambut dan bertahan sekitar kurang lebih empat sampai dengan satu minggu tergantung berapa kali Anda mencuci rambut. Jenis ini memang hanya mewarnai batang rambut tanpa masuk kedalam pori – pori rambut. Jadi, bisa di bilang lebih aman jika di bandingkan dengan pewarna yang permanen karena mengandung hidrogen peroksida dan amonia yang lebih sedikit konsentrasinya.

Cat Rambt Jenis Temporer

Seperti namanya, pewarna rambut ini memang hanya bertahan sesaat. Dikarenakan memanng teknik pewarnaan catnya hanya menutupi rambut dan tidak meresap kebatang maupun ke dalam pori – pori rambut. Seperti pewarna rambut lainnya, cat ini juga mengandung coal-tar yang beresiko menyebabkan kanker.

Memang resiko terkena kanker lebih besar pada pewarna rambut permanen dan semi permanen terutama cat dengan warna – warna yang gelap.Dalam jangaka panjang, kandungan bahan kimia yang terdapat pada pewarna rambut seperti para – fenilandiamina (PDD), coal – tar, timbal asetat dan amina dapat memicu timbulnya kanker. Jenis kanker yang bisa timbul misalnya kanker kandung kemih, kanker payudara, kanker darah, serta leukimia.

Memang tidak semua pewarna rambut memiliki resiko yang besar. Tetapi alangkah lebih baiknya jika kita lebih berhati –hati dan waspada dalam memilih dan memutuskan untuk memberi warna rambut. Pilihlah salon kecantikan yang terpercaya karena kemungkinan besar akan menyediakan produk pewarna rambut yang juga terpercaya serta berkualitas.

Selain kanker, kandungan PDD pada pewarna rambut dapat menyebabkan alergi pada orang – orang tertentu. Dampaknya akan membuat bagian kepala nyeri hingga parahnya akan mengalami pembengkakan.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas