Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

AWAS! ANCAMAN RADIASI PONSEL!

Gadget termasuk ponsel merupakan barang yang tidak terpisahkan dari kehidupan. Mulai dari orang tua, dewasa, remaja bahkan anak – anak yang belum masuk play grup saja sudah mengenal dan memainkan gadget. Ponsel itu bisa seperti pembantu yang bisa disuruh – suruh, bahkan juga seperti sahabat yang bisa di buat curhat. Dan yang lebih menarik lagi, selain sebagai hiburan dan meringankan tugas, tak sedikkit orang yang mampu menghasilkan uang dengan ponsel yang dimilikinya.

radiasi ponsel

Tentunya sudah banyak orang yang mengerti bahwa radiasi gelombang elegtromagnetik pada ponsel dapat menyebabkan efek samping yang sangat berbahaya bagi kesehatan. Meskipun begitu memang sulit untuk menjauhkan kita dari peggunaan ponsel, mengingat betapa pentingnya ponsel bagi kemudahan kita dalam mengerjakan segala sesuatunya. Yang di sayangkan adalah budaya konsumerasi yang terjadi pada anak – anak di usia belia. Belum lagi bahaya radiasi ponsel ini terhadap ibu yang tengah mengandung atau hamil yang ternyata lebih berbahaya ketimbang efek pada orang – orang biasa.

Pancaran gelombang elektromagnetik dari ponsel termasuk kedalam gelombang mikro yang memiliki frekuensi antara 450 – 1800 MHz. Menurut WHO (World Health Organization) gelombang elegtromagnetik pada ponsel tersebut dapat meningkatkan kemungkinan terkena penyakit kanker. Selain itu, radiasi pada ponsel dapat menyebabkan kerusakan DNA pada manusia. Mengingat begitu berbahayanya radiasi dari gelombang elegtromagnetik pada ponsel, Anda sebaiknya harus meminimalisir penggunaan ponsel. Selain itu, Anda juga bisa melakukan beberapa hal berikut ini :

  1. Pada saat digunakan untuk telepon, ponsel mengeluarkan radiasi gelombang elegtromagnetik yang sangat besar di banding saat di gunakan untuk yang lainnya misalnya chatting. Untuk meminimalisir efek samping yang berbahaya, Anda bisa menggunakan headset saat telepon. Sehingga radiasi sedikit lebih jauh dari Anda.
  2. Untuk lebih amannya, lebih baik Anda memanfaatkan layanan SMS daripada harus berbicara lewat ponsel.
  3. Jangan meletakkan ponsel maupun barang elektronik apapun di dekat Anda pada saat tidur, khususnya dekat dengan kepala dan teliga. Inilah yang harus di waspadai karena banyak orang yang justru meletakkan ponselnya di bawah bantal atau di samping tempat tidur.
  4. Gunakan ponsel sesuai dengan kebutuhan, letakkan agak jauh dari Anda pada saat tidak butuhkan. Agar tetap mengerti ketika seseorang sedang menghbungi Anda, ukur voume yang agak tinggi sehingga meskipun jauh Anda tetap bisa mendengarnya berdering.
  5. Akan jauh lebih bijaksana jika seorang ibu yang sedang hamil mengurangi penggunaan ponsel dan menggunakan ponsel seperlunya saja, jika sedang tidak diperlukan letakkan ponsel dan jangan pernah meletakkan ponsel dekat dengan perut atau dekat saat tidur karena dapat mempengaruhi tumbuh kembang janin terutama pada daya ingatnya kelak.
  6. Nah, yang leih efektif adalah dengan membeli ponsel dengan tingkat radiasi yang rendah. Cara mengetahuinya adalah dengan mendownload sebuah aplikasi yang bernama Tawkon.

Begitu banyaknya bahaya yang ditimbulkan akibat radiasi ponsel memang tidak membuat orang – orang menjauh lantas berhenti menggunakan ponsel mengingat pentingnya bagi kehidupan. Yang bisa di lakukan hanyalah meminimalisir efek samping dari radiasi gelombang elegtromagnetik yang di timbulkan ponsel ini.

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas