Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

4 TIPS PENTING MEMILIH JILBAB SESUAI SYARIAH ISLAM

Kerudung/Jilbab atau biasanya disebut juga dengan Hijab (bahasa Arab: حجاب ħijāb) adalah kata dalam bahasa Arab yang berarti penghalang. Beberapa negara berbahasa Arab serta negara-negara Barat, kata “hijab” lebih sering merujuk kepada kerudung yang digunakan oleh wanita muslim yang berarti penutup adalah hal yang tidak terpisahkan dari wanita muslimah. Setiap wanita muslim wajib hukumnya menggunakan jilbab sebagai penutup aurat khususnya bagian kepala. Batas-batas yang harus ditutup bagi seorang wanita antaralain seluruh tubuh kecuali kedua telapak tangan serta muka. Dalam kegiatan sehari-hari, bepergian, berpariwisata, maupun kegiatan lainnya pastinya berbeda-beda penggunaan hijab tersebut.

kerudung hijab jilbab
kerudung, jilbab dan hijab tokounix

Ada berbagai macam dan jenis hijab. Yang pertama bergo atau jilbab siap pakai ( instan). Bergo ini sangat mudah dan praktis untuk digunakan dalam kegiatan sehari-hari. Namun bergo ini juga sangat fungsional, dapat juga digunakan untuk jalan-jalan, kepesta maupun kegiatan-kegiatan lainnya. Tentu saja semua itu tergantung bentuk, model, serta jenis kainnya. Jilbab dengan bentuk yang sederhana seperti berbahan kain kaus katun sangat cocok untuk kegiatan sehari-hari. Sehingga kita akan lebih mudah melakukan pekerjaan dan tidak membatasi ruang gerak kita. Selain itu, jibab ini sangat cocok bagi wanita-wanita yang memang kurang ahli dalam meggunakan jilbab manual.

Jenis hijab lain yakni pashmina. Jilbab ini berbentuk memanjang seperti selendang. Ada banyak jenis pashmina dan bahan kainnya juga bermacam-macam. pashmina ini paling banyak di gemari oleh remaja.

Selanjutnya jilbab segitiga, seperti namanya, bentuknya memang segitiga. Dan jilbab jenis ini jauh lebih mudah dan praktis digunakan ketimbang bentuk persegi. Jilbab ini biasanya terbuat dari kain katun serat, katun Paris, sutera, dan polyester.

Dan ada lagi jenis jilbab yang terbaru, yakni halfmoon. Jilbab ini berbentuk setengah lingkaran dan kebanyakan berbahan sifon. Masih belum banyak yang mengenal jenis halfmoon ini karena jika dibandingkan dengan jenis-jenis yang lain, jenis ini merupakan keluaran yang lebih baru.

Sebenarnya masih ada banyak lagi jeis-jenis jilbab. Nah loh, bingung kan milihnya?

Iya, kita sering bingung dalam memilih jilbab yang bagaimana sih yang bukan hanya sekedar cocok, trendy, tapi juga sesuai dengan syariat Islam? Nah, buat para teman-teman muslimah, saya akan membagikan sedikit ilmu yang saya punyai untuk anda semua.

Sebagai hijabers, jilbab bukan hanya sekedar digunakan untuk menutup aurat, kan ya? Akan tetapi lebih dari itu, perancang fashion memberi perhatian lebih terhadap model busana yang satu ini. Sehingga, jilbab memiliki peran terhadap daya tarik dan kemodisan seseorang dalam berbusana. Selain itu, juga dapat digunakan untuk menunjukkan jati diri kita. Memang sedikit sulit dijelaskan tetapi orang dengan karakter-karakter tertentu dapat dilihat dari caranya menggunakan jilbab. Oke, selanjutnya saya akan memberikan beberapa tips dalam memilih jilbab. Yuks simak…

Yang paling penting pilihlah jilbab yang sesuai dengan syariat Islam. Tebal, tidak menerawang, dan tentunya menutupi aurat.

1.      Yang paling penting pilihlah jilbab yang sesuai dengan syariat Islam. Tebal, tidak menerawang, dan tentunya menutupi aurat.

2.      Pilihlah warna yang sesuai dengan warna kulit anda. Dan bagi anda yang memiliki bentuk wajah yang besar, saya sarankan anda memilih jilbab dengan warna yang gelap ataupun pola bergaris. Dengan begitu wajah anda akan terlihat tidak terlalu besar. Sedangkan bagi anda dengan wajah yang kecil, pilihlah jilbab dengan warna-warna yang cerah dan pola yang melingkar-lingkar, misalnya polcadot. Itu akan membuat wajah anda terlihat lebih gemuk.

3.      Pilihlah jilbab dengan bahan yang ringan, dan dengan sirkulasi udara yang baik. Agar ketika kita memakainya rambut dan kepala tidak gerah ataupun menimbulkan rasa yang tidak nyaman.

4.      Pakailah jilbab sesuai dengan kegiatan yang anda lakukan. Ketika melakukan kegiatan yang menyibukan pakailah jilbab yang simple, dan anda baru bisa menggunakan jilbab dengan berbagai bentuk dan variasi ketika sedang melakukan kegiatan santai (maksudnya ketika tidak melakukan kegiatan/pekerjaan yang berat) misalnya menghadiri pesta, jalan-jalan, maupun kegiatan lainnya.

Nah, mungkin itu sedikit tips yang bisa kami bagikan. Semoga bermanfaat buat para hijabers yang telah membaca. Dan selamat mencoba ya ! Keep Istiqomah!

Untuk informasi belanja hijab, jilbab, dan kerudung bisa belanja disini saja

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas