Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

Cara Paling Mudah dan Cepat Menyembuhkan Luka Memar dengan Bahan – Bahan Alami

Luka memar atau yang dalam bahasa kedokteran disebut hematoma merupakan keadaan dimana kulit mengalami cedera sehingga aliran darah pada kardiovaskular mengendap disekitar jaringan yang mengalami cedera tersebut. Akibatnya kulit menjadi lebam dan berwarna ungu atau kebiru – beriuan. Memar ini biasanya terjadi karena kulit mengalami tumbukan benda benta tupul yang cukup keras.

luka memarLuka memar memang tidak akan berbahaya jika hanay memar saja, maksudnya tidak diikuti oleh benturan yang dasyat pada kepala atau retak tulang hingga patah tulang. Tetapi meskipun tidak terlalu berbahaya, luka memar dapat menimbulkan rasa nyeri baik yang sedang hingga nyeri yang berat. Selain menimbulkanrasa nyeri, memar juga menyebabkan perubahan warna kulit. Jika Anda mengalami memar di wajah misalnya, ini tentunya akan menganggu penampilan. Jadi, alangkah lebih baiknya jika Anda segera menyembuhkan luka tersebut.

Untuk menyembuhkannya sebenarnya Anda tidak perlu repot – repot membeli obat mahal di apotik, karena beberapa bahan alami disekitar kita ternyata dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkannya. Nah, berikut ini adalah beberapa bahan alanmi yang bisa dimanfaatkan untuk mengobati luka memar.

  1. Air es atau es batu

Jika Anda mengalami luka memar, sebaiknya segerarah kompres bagian yang luka tersebut dengan menggunakan es batu atau es balok. Tempelkan selama 10 sampai dengan 15 menit. Ini berfungsi agar darah yang keluar merembet tersebuut tidak semakin banyak sehingga memar tidak menimbulkan pengendapan darah dan kulit tidak berubah warna menjadi ungu maupun biru.

  1. Dengan memanfaatkan daun seledri

Luka memar biasanya disertai dengan rasa nyeri. Nah, untuk mengobatinya Anda bisa memanfaatkan daun seledri. Caranya adalah dengan menghaluskan daun tersebut dengan cara ditumbuk atau bisa juga dengan di blender kemudian uleskan perlahan pada luka lebam tersebut. Ini karena daun seledri memiliki kandungan zat yang dapat mengurangi rasa nyeri pada luka akibat tumbukan benda yang menimbulkan kulit mengalami memar.

  1. Mengonsumsi jahe

Jahe merrupakan tanaman rempah – rempah yang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Nah, jahe juga memiliki kandungan zat antiradang serta dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Untuk mengatasi luka memar, Anda bisa mengonsumsi jahe segar secara langsung. Jika tidak, pilihan lain adalah dengan membuat jamu jahe. Konsumsilah secara teratur sehingga luka memar berangsur – angsur bisa hilang.

  1. Memanfaatkan kulit pisang

Anda juga bisa menyembuhkan memar dengan menggosok – gosokkan kulit pisang perlahan pada bagian kulit yang baru saja mengalami tumbukan dengan benda tumpul.

  1. Konsumsi banyak vitammin K

Jika Anda mengalami luka memar yang susah hilang, itu berarti bisa menjadi tanda bahwa tubuh Anda kekurangan vitamin K. Oleh karenanya, banyak – banyaklah mengonsumsi vitamin K ini agar jika Anda mengalami memar bisa cepat sembuh. Makanan yang mengandng banyak vitamin K antaralain kubis, asparagus, brokoli dan bayam.

  1. Dengan kunyit

Selain mengoleskan daun seledri, luka memar juga bisa disembuhkan dengan cara mengoleskan kunyit. Caranya cukup dengan menghaluskan kunyit dengan cara di parus lalu balurkan ke luka yang memar.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas