Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

Tips Mudah Merawat Gigi Palsu Agar Tetap Sehat dan Awet

Gigi palsu merupakan salah satu jalan terbaik untuk mengatasi agar seseorang tidak ompong. Gigi palsu ini kebanyakan memang digunakan oleh ara lansia yang hampir semua giginya telah tanggal. Nah, untuk mempermudah dalam mengunyah makanan maka di pasanglah gigi palsu ini.

gigi palsuAda banyak jenis gigi palsu atau gigi buatan. Yang digunakan oleh para lansia umumnya adalah gigi palsu lepasan. Dimana seluruh giginya merupakan gigi pasangan yang mudah untuk di lepas dan dikenakan lagi tanpa bantuan dokter gigi. Selain itu, yang terbaru saat ini adalah gigi imlan. Yakni menanam gigi buatan langsung kedalam gusi.

Merawat gigi pasangan memang tiak semudah merawat gigi asli. Bahkan, beberapa gigi pasangan dapat menimbulkan bau yang tidak sedap jika tidak dirawat dengan baik. Nah, berikut ini adalah beberapa cara merawat gigi tiruan.

  1. Rajin periksakan ke dokter gigi

Bagi Anda yang menggunakan gigi tiruan, sebaiknya rajinlah mengunjungi dokter gigi untuk memastikan apakah kondisi mulut serta gigi pasangan dalam keadaan yang sehat.

  1. Membersihkan gigi tiruan

Bersihkan gigi palsu lepasan Anda dengan cara di lepas, kemudian rendam selama beberapa saat kedalam gelas berisi air. Setelah itu baru bersihkan dengan sabun khusus pencuci gigi tiruan atau jika tidak Anda bisa menggantinya dengan sabun cair aroma sirih atau jeruk nipis. Selain itu, Anda juga dianjurkan untuk menggunakan pasta gigi khusus pengguna gigi tiruan permanen.

  1. Melepaskan gigi palsu lepasan sebelum tidur

Beberapa orang sering menyepelekan untuk melepaskan gigi pasangannya pada saat tidur. Padahal pada saat tidur, tanpa disadari kita sering melakukan gerakan – gerakan mulut sehingga gigi mengalami gesekan. Oleh karenanya, lebih baik lepaskan gigi palsu Anda sewaktu akan tidur.

  1. Menyimpan gigi

Pada sata dilepaskan jangan membiarkan gigi dberada di tempat yang kering apalagi tempat yang kotor. Maka letakkan gigi tiruan Anda pada gelas berisi air putih bersih dan biarkan gigi terendam di dalamnya. Ini berguna agar gigi tiruan Anda tetap bersih dan terhindar dari bakteri.

  1. Membersihkan mulut

Meskipun Anda menggunakan gigi tiruan, bukan berarti Anda tidak perlu lagi membersihkan mulut. Jadi, bersihkan mulut dengan obat kumur secara rutin. Selain itu, Anda juga bisa membuat obat kumur alami dengan merendam air daun sirih kemudian menggunakan air rendaman tersebut untuk berkumur.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas